Backpacking ke Belitung -Negeri Laskar Pelangi- (Bag. I)

Tanjung Tinggi Beach

Belitung, mungkin dulu belum banyak orang yang tau tentang pulau ini. Tapi setelah suksesnya novel dan film Laskar Pelangi, semua orang jadi tau, jadi ramai-ramai ingin datang ke pulau yang mempesona ini.

Konon dahulu kala (alah bahasanya) kalau orang mau ke Belitung itu sulitnya minta ampun. Mulai dari ombak yang ganas, yang bikin kapal enggan buat kesana (dulu katanya penyeberangan dari Bangka-Belitung hanya ada 1x  dalam seminggu), ditambah lagi dengan adanya kesan-kesan mistis tentang daerah tsb. Klop, jadilah belitung sebuah daerah yang terisolir. Tapi sekarang itu semua sudah berubah,  Belitung bukan lagi sebuah pulau yang terisolir, transportasi kesana sudah lancar. Mau jalur udara ataupun laut, semua ada. Sip lah pokoknya !

Beberapa waktu lalu saya baru saja melakukan perjalanan ala backpacker bareng sepupu saya (Teddy) ke belitung.  Kenapa saya bilang “ala Backpacker”, pertama adalah karena kita menggunakan backpack sebagai tempat barang-barang bawaan kita, dan yang kedua adalah, karena kita ya menggunakan backpack. :D
Btw kita berangkat dari Palembang. Rutenya adalah Palembang-Bangka-Belitung. Mau tau caranya ?

Well, dari Palembang kamu  bisa naik kapal ke Bangka. Pergi ke pelabuhan Boom Baru, terus beli tiket kapal cepat (Jetfoil) tujuan Bangka. Tersedia 2 jenis jetfoil untuk kesana. Ada Sumber Bangka dan Express Bahari. Terserah kamu mau pilih yg mana. Kalo dari yang saya lihat, sumber bangka kapal nya sedikit lebih bagus dari express bahari, sedikit lebih besar, sedikit lebih cepat, dan juga sedikit lebih mahal :)

Masing-masing kapal menyediakan kelas yang bervariasi. Ada VIP, Eksekutif, Ekonomi. Tentu, berbeda pula harga tiketnya, itu pilihan ! Saya dan Teddy kemarin lebih memilih untuk menggunkan jetfoil ekspress bahari kelas eksekutif. Tarif Rp.155.000/orang. Fasilitas kapal tidak mengecewakan, ada tv, air cooler yang sumpah teramat sangat dingin sekali, dan juga dapet snack. Pokoknya cukup memuaskan !

  • Info : kapal berangkat pukul 07.00 pagi. Plus ngerjain hana hene, paling telat kapal berangkat jam 07.30. jangan sampe telat guys !
  • Untuk hari biasa, tiket bisa dipesan hari itu juga. Tapi untuk hari libur/lebaran, disarankan untuk membeli jauh hari sebelum keberangkatan agar tidak kehabisan tiket.

Nah, perjalanan Palembang-Bangka ini memerlukan waktu sampai 3 jam. 2 jam menyusuri sungai musi, kemudian 1 jamnya mulai lautan. Nanti sesampainya kamu dibangka (pelabuhan Tj.kalian), kamu masih harus naik travel lagi untuk melanjutkan ke pelabuhan Pangkal balam (pelabuhan untuk menuju ke belitung). Ada baiknya kalau kamu membeli tiket travel nya di kapal saja, lebih praktis! Jadi nanti di kapal, akan ada petugas yang menawarkan tiket travel (petugas itu adalah seorang pramugari kapal, wanita muda, dan cantik *penting* ), kamu bisa membeli tiket travel sama sang pramugari. Ada 2 jenis tiket yang dijual, tujuan sungailiat dan tujuan pangkal pinang.  Karena tujuan kamu adalah pelabuhan pangkal balam yang ada di Pangkal pinang, maka belilah tiket travel tujuan Pangkal pinang, harganya 60rb/orang. Nanti kamu akan mendapatkan semacam bukti pembayaran, yang didalamnya tertera jenis travel kamu, no polisinya, dan tujuan.

-ok next-
Waktu menunjukkan pukul 10.00 wib. Dari kejauhan, terlihatlah sebuah mercusuar indah yang menjulang tinggi di pelabuhan tanjung kalian, Muntok. Untuk mereka yang jarang, atau bahkan tidak pernah melihat mercusuar, maka mercusuar di pelabuhan tanjung kalian muntok ini sudah cukup untuk membuat mata terbelalak takjub dan kagum. Dan bisa dipastikan, kamu pasti ingin segera berfoto dengan latar mercusuar ini. Jangan !! lebih baik kamu langsung mencari travel yang sudah kamu pesan sebelumnya. Pergilah menuju parkiran, disana kamu akan menemukan begitu banyak travel yang sedang menunggu penumpang. Tidak perlu panik, tunjukkan saja bukti pembayaran yang sudah kamu beli tadi ke sopir-sopir travel itu, mereka tidak akan segan untuk membantu kamu menemukan travel yang sudah kamu pesan sebelumnya.

“ted.. liat ted ada mercusuar !!”*muka takjub*
“bagus bgt ya dit”
“ini pasti tempat nidji bikin video klip lagu laskar pelangi”
“iya, nanti kita foto2 disana ya”
“nanti fotoin gue latar belakangnya mercusuar itu ya ted”
“eh, tp kok kyk beda ya sama yang di video klip nya nidji” *muka bingung*
(setelah sampai di belitung, barulah kita tau kalo syuting video klip laskar pelangi itu bukan dilakukan di bangka, tapi di pulau lengkuas belitung, CERDAS !! )

-Next-
Sip, sudah naik travel ya, berarti sekarang kamu sudah ready to belitung ! Memerlukan waktu selama 3 jam menggunakan travel untuk menuju pelabuhan pangkal balam yang ada di Pangkal Pinang. FYI, suasana pemandangan kebanyakan adalah hutan, dengan diselingi beberapa rumah disekitarnya. Karena perjalanan masih jauh, maka saya pun memutuskan untuk istirahat di travel (baca: tidur), sedangkan teddy lebih memilih untuk mengamati lingkungan dengan sesekali memotret hutan, ya HUTAN !

Travel sudah memasuki kota Pangkal pinang. Sopir pun akan mengantarkan kamu ke pelabuhan pangkal balam. Jam 13.00 lebih sedikit, sampailah kamu di pelabuhan pangkal balam (Pangkal pinang). Ada baiknya kalau kamu langsung menuju ke tiketing untuk membeli tiket jetfoil tujuan Belitung. Maklum karena kamu sampai di pelabuhan sudah last minute, takutnya nanti kehabisan tiket, atau paling tidak kamu akan kebagian tiket-tiket sisa (duduk paling depan). Nah, kalau disini tidak ada yang namanya Sumber bangka, cuma Express Bahari yang melayani rute ke Belitung. Untuk harga tiketnya naik sedikit dari yang pertama di palembang. Wajar karena memang jarak Bangka-Belitung sedikit lebih jauh dibandingkan jarak Palembang-Bangka. Tiket kelas eksekutif : Rp.172.000/orang.

  • Jangan lupa untuk mengingatkan sopir travel bahwa tujuan kamu adalah ke pelabuhan pangkal balam, karena dengan begitu  maka kamu akan diprioritaskan untuk diantar pertama kali, dibandingkan dengan mengantar penumpang lain kerumah mereka masing-masing.
  • Untuk kamu yang khawatir akan kehabisan tiket di pelabuhan pangkal balam, maka kamu dapat membeli tiket terusan di pel.boom baru Palembang. Dengan membeli tiket terusan Palembang-Bangka-Belitung, maka kamu tidak perlu lagi membeli tiket travel dan tiket jetfoil menuju Belitung. Cukup dengan satu tiket mencakup semuanya.

Jam 14.00, Kapal pun mulai meninggalkan dermaga untuk kemudian menuju Belitung.  Dalam kondisi cuaca normal, maka perjalanan Bangka-Belitung memerlukan  waktu selama 4 jam. Tapi kalau cuacanya sedang tidak bersahabat, maka kapal biasanya mengalami keterlambatan antara 1-2 jam untuk sampai di Belitung. Jam 18.00, kapal mulai masuk ke pelabuhan tanjung pandan Belitung, merapat ke dermaga, dan hap, sampai lah kamu di Belitung. Hehehe…

Oke kawan,  selamat datang di Negeri Laskar Pelangi !

———————————————————————————

———————————————————————————

  1. ditunggu kabar lainnya, salam kenal

      • aditpermana
      • February 10th, 2010

      salam kenal… :)

    • rlita
    • February 14th, 2010

    mau info tentang hotel2nya dong, thanks

      • aditpermana
      • February 21st, 2010

      silahkan lihat lanjutan cerita di bag II :)

    • taufikansori
    • April 22nd, 2010

    Total expense berapa Bro,,,

      • aditpermana
      • April 24th, 2010

      kalo kemarin saya dari palembang, untuk transport, konsumsi, oleh2 dan semua, kira2 habis 1jt. tapi kemarin, kita nginep di tempat teman sesama backpacker bro, bukan nginep di hotel.
      dan juga… biaya 1jt itu bener2 ngirit..
      soalnya harga2 disana rada sedikit lebih mahal.
      tapi worthed sama yg kita dapet… gak nyesel bro. :)

    • khrsmwn
    • May 4th, 2010

    nice info gan..mmo nanya gan..kl tiket kapal palembang-bangka bisa langsung beli di boom baru hari itu juga yah…

      • aditpermana
      • May 4th, 2010

      kalo bukan hari libur (lebaran,dan libur panjang), kita masih bisa beli di boom baru hari itu juga. apalagi kalo datengnya lebih cepat, biasanya kita masih bisa memilih untuk duduk di seat berapa.
      tapi kalo hari libur panjang/lebaran, biasanya tiket akan habis, jadi kita harus membeli jauh2 hari.

        • khrsmwn
        • May 4th, 2010

        wah makasih infonya bro..rencana juga mo brangkat dari palembang ky bro ini..mo nanya lagi boleh ya..masalah hotel gampang nggak carinya di belitung lagi..khususnya hotel2 yg low budget, maklum mo nekan budget serendah mungkin…:-)

  2. hmmm.. bakal jadi referensi saya nih sepertinya, salam kenal ^_^

      • aditpermana
      • May 11th, 2010

      salam kenal indah… :)

    • aditpermana
    • May 11th, 2010

    khrsmwn :

    wah makasih infonya bro..rencana juga mo brangkat dari palembang ky bro ini..mo nanya lagi boleh ya..masalah hotel gampang nggak carinya di belitung lagi..khususnya hotel2 yg low budget, maklum mo nekan budget serendah mungkin…:-)

    hotel di tanjung pandan, apalagi yg low budget lumayan byk bro. bisa pilih sesuai selera kita.
    saya juga sudah memberi beberapa info hotel2 disana (saya tulis di lanjutan bag II). saran saya, ada baiknya anda hubungi dulu pihak hotelnya sebelum anda berangkat. jadi bisa mengira2 hotel mana yg bakal menjadi tempat anda menginap, sesuai selera anda. karena, kalo seperti kejadian saya kemaren… sampai di tanjung pandan sudah malam hari.. jadi tidak ada waktu kalo mau pilih2 hotel.
    salam kenal mas… :)

    • bastian
    • May 25th, 2010

    nah..klo sampe di jetty alias pelabuhan jetfoil..pas di dpn pintu keluarnya dermaga pelindo itu… ketemu rumah dinas aq. ga jauh dari rmh tsb, ada pantai tj.pendam. tempat nongkrong klo lagi jenuh hati…

      • aditpermana
      • May 26th, 2010

      wah… coba kalo dari dulu sudah tau, pas saya kesana kita bisa ngbrol2 mas :D
      btw ada cafe di tj.pendam (saya lupa namanya), bagus bgt home band nya. ada 3 vokalis beda2 tipe suara.
      inget terus sampe sekarang…

        • woel
        • March 11th, 2012

        Uniq cafe bukan?

        h̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥h̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥h̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥‎h̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥h̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣

        • Nah, sepertinya iya. Kalo dari gerbang masuk, lokasi cafenya ada di sebelah kiri kalo tidak salah. hehe..

  3. saya juga ada tujuan kesini dan mengelilingi sumatera. rencana mulai tgl 16 agustus 2010.. thx buat infonya.

    salam kenal mas. ayo berkunjung balik ke blog saya, saya tunggu kedatangan anda. Terimakasih

    klik-backpacker.blogspot.com

      • aditpermana
      • August 5th, 2010

      salam kenal kembali mas.. :)

      *sedang menikmati cerita ttg karimun jawa punya mas nih :)

      • hoho mksh ya sudah mau membacanya. hehe

        oia, saya mau tanya. kalau di belitong itu aman gk? trus berapa hari ya paling mantap menikmati pulau laskar pelangi tersebut?? trimakasih

  4. oia mas, komen mas di blog saya sudah saya balas.. hehe

      • aditpermana
      • August 6th, 2010

      Kalo di Belitung, 3 hari aja udah puas bgt kok mas.
      malah 2 hari aja udah lumayan puas..
      sehari ke daerah2 pantai (tj. tinggi,dll), Pulau lengkuas.
      hari berikutnya ke daerah2 lainnya + lokasi film laskar pelangi (gantong,manggar).
      btw kalo mau foto2 sama pemeran laskar pelangi (ikal kecil,a ling, flo, dll), mereka di tanjung pandan semua kok sekolahnya. malah si A Ling sama Flo itu satu sekolah kemaren.
      ya kali aja kan mas mau foto bareng mereka… hahaha…

  5. betul.betul,betul! masnya tahu sekali kalau saya penggemar berat laskar pelangi, saya mau ke belitung jg dasarnya penasaran gr2 novelnya andrea hirata itu. haha ibarat di novel saya terkena penyakit gila nomer 12 mas yaitu nge-fans berat. hahahaha

    nama sekolah mereka apa mas?
    terus tau alamat rumahnya andrea hirata di belitung gk?? hehe

      • aditpermana
      • August 6th, 2010

      waduh.. saya lupa sekolah nya mas.. soalnya kemaren waktu ngajak foto (baca : maksa foto) si A Ling, kita dateng kerumahnya langsung. haha…
      Tapi gak usah khawatir, nanti kalo emang mau foto2 sama mereka, saya kasih nomer telp temen saya disana. Kebetulan ada kenalan, yang ternyata mengajar di sekolah A ling dan Flo.

  6. hahaha seperti saya mendapat keberuntungan bisa berkenalan dgn anda. saya bisa minta nomer HP mas adit gk untuk keperluan ke belitung bsk??

    trus saya rencana mau nginap di rumah warga aja. apakah dsn ada??

      • aditpermana
      • August 6th, 2010

      Sepertinya lebih enak kalo ngobrol via YM mas.. :)
      kalo ada, bisa add saya..
      atau nanti saya yang add ym mas

      • bang adipermana,

        bisa minta tolong infonya, objek wisatanya dan apakh bs di tempuh dengan motor, insyallah solo traveler ke belitung, trmksh byk BOS

  7. oke mas. ini YM saya : jodz_bolster

    • helchan
    • August 15th, 2010

    Harus dr Palembang ya?
    Klo dr Jakarta gmn y transportasi’a?
    Thx!

      • aditpermana
      • August 16th, 2010

      kalo dari jakarta bisa naik pesawat langsung ke belitung mas… kalo gak salah butuh waktu 45 menit. Tapi kalo si mas mau naik kapal juga bisa sih.. naik kapal Pelni kalo gak salah.. butuh waktu 24jam lebih mas.

    • Lucky
    • September 14th, 2010

    Mas Bro….

    Infonya sangat berguna sekali…saya dan teman2 ada rencana untuk melakukan perjalanan menggunakan motor (Touring) ke Bangka Belitung melalui Palembang dahulu….apakah ada kapal penyebrangan seperti kapal FERI yg dapat mengangkut kami dan kendaraan kami dari Palembang nantinya menuju ke BANGKA BELITUNG yah Mas…?? kalau ada, kira2 hrgnya brp yah…???

    Sebelum dan sesudahnya terima kasih banyak…
    Salam

    • kapal ferry ada.. mas bisa liat jadwal berangkatnya di pelabuhan boom baru palembang.
      kalau dulu jam 10.00 pagi kapal berangkat, sampe bangka magrib menjelang malam.
      kalau mengangkut motor menggunakan jetfoil, harganya sekitar 500rb untuk sekali jalan. tapi kalau menggunakan kapal Ferry saya kurang tau, maaf.
      tapi kemungkinan besar lebih murah dibanding menggunakan jetfoil.

        • Lucky
        • September 15th, 2010

        okelah Mas…..terima kasih banyak atas infonya yah….salam kenal yah Mas….

    • mitha
    • November 29th, 2010

    hoho lagi pengen ke babel nih..

    kalo berangkatnya dari jakarta, rute nya gimana tuh ?
    thanks infonya yeee….

  8. opsi 1 : dari jkt naik pesawat langsung menuju bangka atau belitung terserah sesuai tujuan mbak. *recomended*
    opsi 2 : dari jkt naik kapal pelni (kalo saya gak salah info, ada kapal pelni dr jkt – bangka/belitung), tapi yang pasti waktu tempuhnya bisa lama bgt. *not recomended*
    opsi 3 : dari jkt mbak ke palembang dulu, baru nanti dari palembang lanjut ke bangka/belitung. *last choice*

    salam kenal dulu deh… :D

      • mitha
      • December 2nd, 2010

      ooh iya salam kenal juga

      wah, ternyata cukup banyak juga opsinya. rencananya januari atau febuari ini aku sama temen2 mau kesana. pengennya yang murah. kalo yang naik kapal pelni itu gimana ya? punya info lebih lengkapnya ga? ongkosnya mungkin? masalah waktu perjalanan kita sih ga masalah. hehehe.. thx yaa..

    • Anjar A
    • December 7th, 2010

    boouussss…saya add ym rajna_njar….mau tanya2 belitung nihh…soalnya saya mau ksana ber4 sm temen2 cwe sayaaa….makasihhh

    • Riezha
    • February 4th, 2011

    hai adit..
    salam kenal…
    aq mo tanya ni, aq kan sekarang di palembang, rencananya mau ke belitung pertengahan february ini,
    rencananya cuma dua hari aja,
    kira2 kalau dr palembang ke bangka naik pesawat,trus dr pngkal pinang k pangkal balam, naek kapal cepat ke belitung ya?
    kan klu naek pesawat langsung ke belitung nya musti ke jakarta dulu,,
    klu di itung2 lebih mahal…
    tolong info dan saran nya ya dit. . .
    makasih…
    tadi aq dah add fb kamu . .
    :-)

    • Bagus
    • February 5th, 2011

    Trims infonya, kebetulan tgl 11Februari nanti sy mau ke Bangka dari Palembang. info ini sangat berguna untuk saya..
    salam kenal..

    • budi
    • March 3rd, 2011

    mau tanya, saya ingin ke belitung.tiket kapal cepat untuk ekonomi berapa ?bisa ga kita bawa sepeda motor naik kapal cepatnya.atau ga ada ga kapal roro tujuan belitung dari palembang?bagaimana caranya selain kapal cepatdan pesawat

    thaks bales yo

    • sorry for late repply…

      bisa kalo mau bawa motor.. kebetulan host tempat saya menginap itu juga bawa motor sendiri dari palembang. kalo seingat saya.. 500rb untuk sekali pergi menggunakan kapal cepat.
      kapal ferry ada dari palembang ke bangka.. tapi saya kurang tau kalo tujuan ke belitung.

    • orisite
    • May 29th, 2011

    halo mas…menarik sekali ceritanya, kalau bawa anak2 aman gak yaa….
    thanks…

    • mEEnTo
    • June 7th, 2011

    mas, travel dari tg. kalian ke pangkalan balam berapa duit yah??

    • 60ribu kalo beli di Jetfoil..
      50ribu kalo beli langsung sama supir travel nya.. :)

        • mEEnTo
        • June 9th, 2011

        ok…makasih infonya renc akhir tahun ini mo kesana. but ceritanya pas pulang kekny gak lengkap yah, coz dari info yang kudapet jetfoil dari tj. pandan ke pangkalan balam itu pagi jam 7 dan dari jetfoil dari mentok ke boom baru jam 10.30 (dulu sering dari bangka jam segitu, ga tau masih sama kah?), kemaren keburu ga ngejer tuh jetfoil or naek apa pas pulang balik?

  9. mEEnTo :

    ok…makasih infonya renc akhir tahun ini mo kesana. but ceritanya pas pulang kekny gak lengkap yah, coz dari info yang kudapet jetfoil dari tj. pandan ke pangkalan balam itu pagi jam 7 dan dari jetfoil dari mentok ke boom baru jam 10.30 (dulu sering dari bangka jam segitu, ga tau masih sama kah?), kemaren keburu ga ngejer tuh jetfoil or naek apa pas pulang balik?

    iya bener mbak.. jetfoil dari tj.pandan ke pangkalan balam jadwalnya pagi jam 7 atau 7.30 lah paling telatnya. nah kalo jetfoil dari mentok ke boom baru mungkin ada beberapa jadwal.. tapi yang jelas, kalau mbak pake tiket terusan dari belitung – palembang, gak mungkin naik jetfoil dari mentok ke palembangnya yang jadwal jam 10.30 kan.. karena dari pangkalan balam kita mesti lanjut lagi naik travel ke mentok selama 3 jam.
    saya kemaren, karena gak pake tiket terusan, dan gak dapet travel ke mentok, makanya nginep sehari di bangka.. terus besoknya saya baru berangkat ke mentok.. karena sudah agak lama, jadi saya rada lupa kemaren itu ke palembangnya pake jetfoil jadwal jam 10.30 atau yang jam siang. :)

      • mEEnTo
      • June 10th, 2011

      oh gitu yah berarti harus menginap lagi dong di bangka, coz si jetfoil ga mungkin terkejar dan flight kalo ga salah yang ke palembang cuma ada pagi jam 7 yah :(.
      pengennya ga nginep di bangka gitu, katanya sih ferry bisa, cuma ga tahan lama dijalan yang 12jam itu :D.
      btw, thanks infonya…salam kenal…sesama anak UNSRI kan (kalo liat profilnya :D)

      • bisa kalo mau gak nginep.. tapi naik jetfoil jadwal 1.30 ke palembang nya.

        salam kenal juga dari saya. :)

    • widyaps
    • December 27th, 2011

    mupeng berat sama belitung, tapi apa daya waktunya nggak memungkinkan…:(
    bbrp hari lagi mau ke palembang trus ke bangka…ada saran/referensi?

    Thx :)

    • Di Palembang tentu harus ngeliat Jembatan Ampera ya kan. haha..
      Nah, satu kawasan sama Jembatan Ampera itu, ada beberapa tempat menarik. Museum, Masjid Agung, Benteng Kuto Besak, dll.
      Dari Benteng Kuto Besak juga kita bisa mulai naik perahu untuk menuju ke Pulau Kemaro.
      Trus bisa muter2 kota Palembang, apalagi kalo malem hari, cantik sekali kakak, sambil wisata kuliner juga.. yummi. :D
      Ah, Palembang keren sekali deh..

      Bangka, wisata pantai di Sungailiat. Ada pantai Parai. Cakep sekali..
      Wisata kuliner juga. Cobain deh rasanya mie Koba. Sedaaap… maknyusss… :D

        • widyaps
        • December 28th, 2011

        noted!
        smoga bisa keliling palembang, cmn punya waktu 1hari/semalam soalnya

        Thx ya :)

    • menik widiyati
    • July 5th, 2012

    Maakasih infonya. Saya jadi tambah banget ingin kesana. Baru baca saja sudah merasakan keindahanya, gimana kalo yang mau pada kesana yang belum punya rombongan, mari kita rombongan yuk biar backpackingnya tambah rame.

    • vina
    • September 22nd, 2012

    kaa. ajarin cara pake couch surfing doonk

    • Febry Pugak
    • October 12th, 2012

    gini dab,,,kalo kita dari jogja,,,mau ke belitung bawa motor,,,kan pasti ke merak dulu kan,,,nah,,,apa ada kapal dari jakarta ke belitung yg bisa angkut sepeda motornya juga,,,
    tolong infonya yo,,,,makasi sebelumnya,,, :D

    • junaidi
    • December 29th, 2012

    salam kenal..
    mas kalau dari palembang langsung ke belitung bisa tdk mas. biar cepat sampai d tanah laskar pelangi

    • Kalau naik kapal, setahu saya tidak ada. Harus jalurnya melewati Bangka kemudian baru Belitung. Tapi ini juga langsung kok, tidak berhenti2, kecuali satu kali istirahat makan ketika naik travel.
      Kalau mau yang langsung, ya naik pesawat. Langsung dari Palembang ke Belitung.

    • Hairi
    • February 20th, 2013

    hi..hairi dari kuala lumpur..nak tanya…express feri untuk pulang dari bangka island ke palembang jam berapa??berapa kekerapan??1 kali atau 2 kali dalam sehari dan masanya??

    • Hi Hairi…

      I’m not really sure about that. But as i know Express Bahari from Tanjung Kalian (Muntok) Bangka to Palembang departs twice a day at 10pm and 4pm.

        • hairi
        • February 21st, 2013

        gi mana pula dgn dari palembang ke muntok??jam berapa bertolak..da ngak yg bertolak malam kerna flight smpai di palembang waktu sore jam 6…

          • hairi
          • February 21st, 2013

          and one more thing, how was the driving situation over there??is it as jammed as jakarta or just nice for a ride coz i’m thinking of renting the motorbike over there for a day so that i could go around the island in a day

  10. secara keseluruhan berapa total biaya kesana?
    terimkasih infonya gan!!
    salam kenal!
    follow balik yah :)

    • dafid
    • February 28th, 2013

    salam Kenal

    Besok saya mau berangkat ke bangka, ada no telp travel yang bisa dihubungi di palembang g? saya akan menggunakan jalur laut melalui pelabohan boom baru

  11. ini yang saya cari :) rencana juni ini mau ke Belitung. Tks buat postnya yaaa….

  12. After I originally left a comment I seem to have clicked the
    -Notify me when new comments are added- checkbox and from now on every time a comment is added I recieve 4
    emails with the same comment. There has to be an easy method you are able to remove me from that service?

    Thanks!

  13. # OPEN TRIP BELITUNG #

    Wisata ke negeri Laskar pelangi, Belitung.
    Prov kepulauan Bangkabelitung.

    Durasi : 3hari 2malam
    Konsep : Hemat
    Event : Touring & hoping island
    Price : 800.000/pax

    UNTUK WAKTU SILAHKAN DIPILIH SESUAI SITUASI & KONDISI YG MEMUNGKINKAN.
    SENDIRI /BERDUA BOLEH AJA GABUNG.
    25 26 27 MEI 2014
    21 22 23 JUNI 2014
    08 09 10 AGUSTUS 2014
    06 07 08 SEPTEMBER 2014
    24 25 26 OKTOBER 2014

    Sudah termasuk (INCLUDE) :
    Mobil + driver + BBM
    Tempat nginap AC + TV (1room ber2)
    Boat + Alat snorkl (pelampung+kacamata)
    Karcis masuk wisata
    1x mie belitung
    1x kopi manggar
    2x breakfast
    4x nasi bungkus

    Tidak termasuk (EXCLUDE) :
    Tiket pesawat PP “jakarta-tanjungpandan-jakarta”
    ± 1 – 1,2juta.
    Tiket tetap dibeli oleh peserta masing2.
    Untuk mendapatkan spot yg lengkap, disarankan :
    Arrival : PAGI (citilink 05.55 / sriwijaya 06.20)
    Departure : siang 10.00up (garuda/sriwijaya)
    Kami siap membantu membelikan tiket dg harga
    Sesuai new update.

    Schedule :
    Hari pertama (belitung timur area)
    Tamu akan dijemput dibandara pagi hari.
    Menuju penginapan untuk menyimpan bagasi & mencicipi mie belitung.
    Pantai burung mandi & vihara dewi kwan im
    Makan siang
    Kota manggar & ngopi
    Bukit samak & pantai lalang
    SD laskarpelangi & Museum Kata
    Sunset di Tanjung Pendam
    Cari oleh” + dinner

    Hari kedua (hoping island)
    Bukit berahu
    Pantai tanjungkelayang & start hoping island
    Pulau pasir, pulau batu berlayar, pulau lengkuas, pulau kepayang (lunch-box)
    Pantai tanjungtinggi & sunset + dinner

    Hari ketiga (kepulangan)
    Rumah adat
    Danau kaolin
    Transfer bandara

    Keterangan lebih lengkap silahkan hubungi :
    BBM : 219AC6DC / Whatsapp : 081331939505
    http://www.facebook.com/belitung.trip

    Salam dari saya pribumi Belitung.

    • Dhisti
    • June 11th, 2014

    salam kenal..
    mau tanya nih teman.. kalo di belitung kira2 mau sewa transportasi motor utk keliling2 berapa ya per harinya? Trus penginapan yg paling murah di sana kira2 tahu gak dmn?
    Mkasi sebelumnya.

    • Fer
    • July 24th, 2014

    Hi, Mau tanya, Harga tiket feri tu 1 way ya?
    tq

Y U No Comment ?!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers

%d bloggers like this: