Hi-Fashion Arsitektur Fotografi

Foto Fashion arsitektur  adalah karya foto yang menampilkan unsur fashion dan arsitektur dalam porsi yang seimbang dan serasi. Artinya, tampilan arsitektur yang diekspose tidak boleh mengalahkan atau membaurkan tampilan atmosfer dari fashionnya. Bahkan dengan munculnya arsitektur sebagai background/ maupun foreground fotografisnya, atmosfir fashionnya harus dapat lebih hidup dan menarik.

Pemotretan Hi-Fashion Arsitektur dapat dilakukan diluar maupun di dalam ruangan, tergantung dari bentuk karya yang kita harapkan. Kalau untuk menampilkan ornamen ruang, tentunya pemotretan dilakukan di dalam ruangan,tetapi bila ingin berlatar belakang bentuk bangunan, tentu kita lakukan diluar ruangan..

Fashion Arsitektur ini sangat menarik karena merupakan perpaduan antara dua hal yang kontras. Fashion pada satu sisi adalah satu hal yang dinamis, kaya akan perubahan,sehingga fotografer pun dituntut membuat foto yang mampu mencerminkan sesuatu yang dinamis,peka terhadap perubahan. Pada sisi yang lain, arsitektur bersifat statis,konservatif.

Pemotretan arsitektur menuntut perlakuan yang teknis dan baku. Pada pemotretan fashion arsitektur, fotografer harus jeli memadukan kekontrasan antara fashion dan arsitektur. Dalam kaitan itu, fotografer boleh saja mendistorsi unsur2 arsitektur dan ini sah-sah saja,karena yang ingin ditonjolkan adalah fashionnya.

Hal-hal yang perlu dicermati pada pemotretan fashion arsitektur adalah sudut pengambilan gambar(angle). Angle yang tepat akan mempertajam unsur fashion, sekaligus mengantisipasi munculnya unsur arsitektur yang kuat.

Komposisi warna pada fashion juga berpengaruh memberikan penguatan pada fashion. Komposisis warna fashion yang lebih kontras dari arsitektur akan memperkuat unsur fashion pada foto. Konsep grafis yang kuat akan memberi unsur fashion yangberdimensi. Keberhasilan dalam menggabungkan konsep fotografi arsitektur dan fotografi fashion, kunci utamanya pada penguasaan fotografer terhadap konsep-konsep umum fotografi.

    • nina
    • June 15th, 2009

    nice artikel mas.
    salam kenal :)

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: