Tips Jalan-Jalan GRATIS !!!

Hai kawan, apa kabar anda semua? cukup makan? tetap sehat?  GREAT ! senang mendengar anda semua dalam keadaan sehat. Apakah anda suka jalan-jalan? Mau jalan-jalan yang tidak mengeluarkan biaya alias GRATIS? “Mauuu… !!!!”. Gotcha, Semua juga mau kalo yang namanya Gratisan, hahaha. Mau Tips nya? “Mauuu… !!!” Yaudah, tetep disini ya.. baca terus sampai habis.

Tips pertama : Ikut lomba yang hadiahnya Jalan-jalan

Salah satu lomba dgn hadiah jalan-jalan + uang (by Detik.com)

Pernah denger ada lomba yang hadiahnya jalan-jalan gratis? Banyak… !!! Yang paling baru nih (ini juga yang saya lagi coba ikutan) lomba yang di selenggarakan oleh Detik.com (Aku Cinta Indonesia). Itu Hadiahnya Jalan-jalan gratis, plus kalo menang di tahap akhir, dapet duit. Siapa yang tidak mau coba? Sudah jalan-jalan gratis, dapet duit pula. eits, tapi jangan salah. Ternyata ada loh orang yang tidak mau ikutan hal-hal semacam ini. Apa alasannya? Setelah saya melakukan survei kepada 2 orang responden (Shock.. survei kok cuma 2 orang aja @@) ternyata alasan mereka tidak mau ikutan hal yang semacam ini adalah karena apa yang mereka sebut dengan “berfikir realistis”. Coba kalian bayangkan, sebuah lomba yang untuk mendaftarnya tidak dipungut biaya, diperuntukkan seluruh golongan masyarakat, seluruh kelompok umur, dan yang diterima cuma 66 orang (33 team) dari ribuan orang yang mendaftar. Mereka yang berfikir realistis tidak akan mau membuang-buang waktu untuk hal yang tidak pasti semacam ini. “ah,gak bakal masuk deh.. mending cari yang laen aja.. buang2 waktu”. Tanpa mereka sadar, bahwa pikiran realistis itu erat kaitannya dgn sikap pesimis. Oh noo, itukan sikap yang paling tidak boleh ada di dalam diri kita ya, iya kan kawan, saya bener kan *muka polos minta dukungan*.   SAY NO FOR PESSIMISTIC !! Lha kan tidak ada ruginya kalo kita ikutan, daftar gratis, cuma isi formulir saja, tinggal liat nasib terus kuat-kuatin berdoa. Kalo memang rejeki kita, ya dapet. Kalo tidak rejeki, anda belum beruntung harap coba lain waktu. Setidaknya kita sudah ada usaha. Pernah denger cerita tentang orang yang berdoa sama tuhan biar menang lotere ?

Jadi ada seorang laki-laki yang tiap hari, tiap waktu, berdoaaaa terus sama tuhan. Permintaanya cuma satu, bisa menang Lotere. Pagi, siang, sore, malem, subuh, pagi lagi, siang lagi, sore lagi, malem lagi, subuh lagi, seterusnya. Tidak pernah  berhenti berdoa. Tapi sekuat apapun dia berdoa, tetep saja Tuhan tidak mengabulkan doanya untuk menang lotere. Akhirnya dia putus asa, marah-marah sama Tuhan, mengatakan kalau tuhan tidak adil lah, tidak baiklah, dll. Dan Tuhan pun membisikkan sesuatu ke telinga laki-laki itu, “kalo mau menang lotere, beli dulu kupon loterenya”.

Nah, anggap saja dengan kita mendaftar berarti kita sudah membeli kupon lotere. Mau sebanyak apapun orang yang mendaftar, kalau memang rejeki kita ya tidak akan kemana kan. Tapi kalo tidak mendaftar, dipastikan tidak akan menang. By the way, ada lagi kemaren lomba Fotografi (ini cuma buat yang jago foto, tidak ada lotere-lotere an). Jadi yang menang tahap provinsi, diundang  untuk ikut lomba di Pusat. Lombanya hunting foto di daerah-daerah yang ada di Indonesia. Kebetulan saya berteman di Facebook dengan pemenang/wakil dari Palembang. Ohh man.. Status Facebook nya “@Raja Ampat”, “Makassar – sorong”, “Terdampar di pulau dewata”, “lokasi tujuan hari ini Ubud dan GWK”.  Itu semua Gratis !!! Tapi kalo yang satu ini, kita mesti punya skill lebih. Tidak hanya mengandalkan luck saja. Dan ini nih, status nya yang paling bikin saya ngiler, “Pantat Gatel” (oh maaf… salah… salah… bukan yang ini :D )

Tips kedua : Ikut Pertukaran Mahasiswa/Pelajar


Kalo yang ini sudah terbukti ! Teman saya satu kampus, ke Aussie karena ikut Student Exchange. Lagi-lagi GRATIS !!! Berfoto, bergaul dengan lokal, diajak muter-muter kota, dll. Mau ? Let’s find how to get it !!! Kalo kalian yang statusnya masih mahasiswa, biasanya sering banget kan ada pengumuman di NoticeBoard. Sering-sering pantau kalau ada info tentang pertukaran mahasiswa. Daftar, ikuti tesnya. Kalo diterima, ya Jalan-jalan gratis deh. Dulu saya pernah liat ada pengumuman pertukaran pelajar di NoticeBoard fakultas saya, ke Jepang kawan. Tergelitik sekali untuk ikut mendaftar, pede juga bakalan keterima, secara IQ saya sangat tinggi, dan toefl  saya yang sangat memuaskan (Iki loh ngapusi tenan :P), ditambah untuk hal-hal semacam ini kan banyak orang yang berfikir realistis, jadi pesaingnya pasti tidak terlalu banyak. Tapi setelah saya pikir-pikir, kalau seumpama saya keterima dan harus ke Jepang, gimana kuliah saya ya, Masa’ mesti ditinggal ? lha wong kemaren saja waktu itu nilai saya hancur beneran.. kalo mesti meninggalkan kuliah, bisa-bisa  jadi mahasiswa abadi nantinya. Jadi saya urungkan niat saya yang mulia itu… *halah.. niat mulia opo

Tips ketiga : Jadi Koordinator Tour buat Travel Agent


Ini sangat masuk akal kawan, baru kemaren malem saya ngobrol sama orang yang punya usaha di bidang travel agent. Dia punya kantor di negeri tetangga, jadi kita ngobrol via Yahoo messenger. Awalnya sih saya tanya-tanya tentang pengalaman dia jalan2 ke LN. Tanya-tanya tips, trik, dll. Sampai ujung-ujungnya pas sudah mulai malem, sudah kehabisan obrolan, diapun mulai merayu saya. halah haha. Ya memang benar merayu..

“Mas Adit berminat gak ke Tianjing (China) ? murah loh mas
“Iyakah ? btw minimal berapa orang”
“Minimal 10 orang lah”
“Nanti deh, kalo ada keluarga atau temen yang mau kesana, saya saranin pake jasa mas aja”
“Iya mas, hehe. btw kalo mas bisa ngumpulin 15 orang, bisa gratis satu loh buat mas Adit
“*senyam senyum ngayal gak jelas”

See.. kalo saya bisa mengumpulkan 15 orang, maka gratis 1 buat saya. Itu loh sudah termasuk 3 hari 4 malem di hotel Bintang 3. Makan puas 3x sehari pula. Mau ?

Tips keempat : Jadi Atlet yang hebat dan berprestasi

Medali Emas -Khusus bagi mereka yang berprestasi. Yes... just like me man !!! :D

Ini juga sudah terbukti tapi bukan pada saya, melainkan terbukti pada teman saya :D. Dahulu kala, ketika umur saya masih belia (sekarang pun masih belia :P ) saya pernah bergabung di salah satu Klub Anggar di kota palembang. Sebenernya itu satu-satunya klub Anggar di Palembang. -Next- Setiap ada perlombaan, pasti teman saya yang berprestasi yang dikirim  untuk mewakili Palembang. Entah di dalam negeri, maupun ke Luar negeri, selalu dia yang dikirim. Karena dia jago sekali main nya, alias berprestasi. Saya sih cuma kebagian “eh nanti titip baju ya.. nih duitnya” dan ketika dia balik, mesti bilang “oh maaf dit… kelupaan titipan lo” :(. Jakarta, Keddah, malah pernah sampai ke turki, dan pernah juga ada yang sampai ke Italia.. Gratis !!! Dan dapet uang saku sama baju. Mau juga? Jadi lah Atlet yang berprestasi !!! Atau jadi pemain SepakBola aja deh, gabung di klub ISL. Dijamin, Keliling Indonesia Gratis !!! Malahan  dapet  gaji juga.

Tips kelima : Kerja di perusahaan swasta yang profit-nya tinggi dan punya jaringan Internasional


Suami tante saya, kebetulan dia bekerja di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Farmasi dan pembuatan sediaan Farmasi = Boehringer Ingelheim. Dan kalian tau, Setiap ada meeting kantor dia pergi ke LN. Thailand, beijing, dll. Dan itu Gratis !!! Dan karena saya termasuk ke dalam golongan keponakan yang lucu dan ngangenin, maka saya pun tak pernah lupa selalu mendapat oleh-oleh dari dia. Mau? eitss.. mau jadi saya atau mau jadi seperti om saya? haha. Kalo mau jadi saya, maka berlakulah manis, setiap om mau meeting ke LN, sempatkan untuk mengiriminya SMS “om hati-hati ya.. jgn lupa bawa jaket tebel, kan disana dingin” :D maka anda akan mendapatkan oleh-oleh. Tapi kalo mau jadi seperti dia, mesti giat kerja di masa awal2. Nanti kalo posisi sudah lumayan, baru deh bisa meeting di LN. Anak buahnya yang mati-matian bikin presentasi,  ngejar target, tapi si bos yang berangkat ke luar negeri.

———————————————————————

Tapi kalau kalian masih merasa semua tips diatas sulit untuk dilakukan, atau ada yang merasa  kalo kalian tidak ada nasib di “kupon lotere”, tidak jago fotografi, bukan mahasiswa lagi untuk ikut pertukaran pelajar, boro-boro jadi atlet, ini aja sering sakit-sakitan karena tidak pernah olahraga, tidak mahir mengumpulkan massa untuk tour. Saran saya lebih baik kalian pergi beli CELENGAN (yang tidak bisa dicongkel2, yang kalau mau ambil duitnya mesti ngerusakin celengan), terus kalian tabung setiap ada sisa uang. seribu, 5rb, 10rb, pokoknya terus menabung, jgn di hitung-hitung “tang ting tung hey.. jgn dihitung.. lama2 kita nanti dapet untung” :D nanti, kalau sudah ada rencana mau jalan, baru deh diambil uangnya. Bongkar Celengan !! Kalau ternyata uang nya masih kurang, minta mama.. haha. Kalau mama menolak memberi uang? Pasang muka sedih. (latihan dulu mimik muka sedih, saya sudah mahir kalo yang ini :P) btw saya sudah mengganti celengan sebanyak 4x. Dan kalian tau kawan, saat-saat yang paling mendebarkan adalah ketika menghitung isi celengan. haha..  terkadang lebih dari yang kita harapkan, tapi lebih sering juga kurang dari target kita (saya bgt nih) :D

In Case of Emergency, Break Glass = Kalo hasrat Jalan sudah gak kebendung lagi, silahkan dibongkar :)

Well, that’s all folks… see ya

    • alexband
    • August 7th, 2010

    ane cm mw komen satu hal dan kyknya lebih ke arah advice.
    “latih lagi kemampuan ente dalam menulis, IMHO ente pnya bakat yg besar bwt nulis. cb2 deh bwt cerpen ttng crita pengalaman ente atau temen, mungkin suatu saat ente bisa ngarang novel. klu boleh ane menilai tulisan ente gampang dicerna, polos, gaya penulisan ente natural alias ente punya ciri khas sendiri.

  1. yang jadi agen perjalanan itu yang oke :D sama kayak MLM ya.. tapi tetep memberi benefit.

  2. haha aku sering baca tentang cara jalan-jalan gratis keluar negeri nih, kurang satu mas,
    jadi duta budaya, semacam ikut pertunjukan tari di luar negeri. keliling dunia dan dapat duit tuh :)

  3. asiknya jalan – jalan gratis

    • heni
    • November 13th, 2010

    mupeeeeeng…..

  4. Tulisan yang menarik, kayaknya saya termasuk yang ke 5 deh. Tapi sebenarnya saya lebih suka bayar daripada dibayari tugas yang ga puas. Apalagi kalo jadi kordinator tur, aduh capeknya minta ampun, udah sering juga tuh.

    • winni
    • July 17th, 2011

    aku harus bisa keliling indosia, n baru keliling dunia… makasi mas masukan2nya,,, ^_*

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment...

