FAQs || Tips || How to Get to || -All About Backpacking to Karimunjawa-

WELCOME TO KARIMUNJAWA!

Senang sekali rasanya bisa membagi pengalaman saya selama mengunjungi Taman Nasional Karimunjawa kepada kawan-kawan semua. Memberikan informasi-informasi yang mungkin saja bisa berguna bagi kalian yang juga berkeinginan untuk mengunjungi pulau yang memesona ini. This is going to be so much fun!! : )

Tapi pertama-tama, sudahkah kalian mengetahui bahwa…

  • Taman Nasional Karimunjawa adalah sebuah kawasan memesona yang berada di laut Jawa, merupakan gugusan kepulauan yang berjumlah 22 pulau (sebagian situs mengatakan 27 pulau), dan memiliki tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang.
  • Dikenal sebagai “Perawan Jawa”, atau juga “Karibia-nya” pulau Jawa, dan merupakan salah satu spot terbaik di Indonesia untuk melakukan kegiatan laut seperti Diving dan Snorkeling.
  • Flora khas pulau ini adalah Dewadaru (Fragaea fagran), Kalimasada (Cordia subcordata), Setigi (Pemphis acudula).
    Dipercaya mempunyai khasiat untuk menyembuhkan, dan memancarkan kharisma sang pemilik. Menurut cerita yang beredar, maka demi keselamatan pribadi kita tidak diperbolehkan membeli/membawa sebagai oleh-oleh hanya satu jenis saja kayu tersebut, karena kayu-kayu tersebut harus selalu berdampingan. Maka apabila kita membeli sebuah gelang yang terbuat dari kayu dewadaru, kita pun juga harus membeli sebuah gelang lainnya yang terbuat dari kayu Setigi/Kalimasada. Karena menurut kepercayaan, apabila kita hanya membawa satu jenis kayu saja, maka bala/bencana pun akan menimpa diri kita. Beberapa toko souvenir sudah berimprovisasi dengan menggabungkan ketiga jenis kayu tersebut menjadi sebuah gelang yang cantik.

———————————————————————————–

HOW TO GET TO THIS BEAUTIFUL ISLAND..?!?

Tersedia berbagai macam cara untuk mencapai pulau indah ini. Bisa melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat sewaan jenis CASSA 212 milik Kura-kura Aviation, atau bisa juga melalui jalur laut dengan menggunakan kapal cepat dan atau kapal Ferry.
Mari kita buang jauh-jauh opsi dengan menggunakan pesawat sewaan yang bisa secepat kilat menguras kantong kita dengan tarif sewanya yang mengesankan, Rp.30 juta untuk minimal 2 jam penyewaan. What..?!? Hell man!! We’re backpacker, not a Tourist!!

1. Dengan menggunakan Kapal Cepat

Kapal Motor Cepat (KMC) Kartini bersandar di pelabuhan Tanjung mas Semarang. Oleh karena itu, apabila kalian ingin mengunjungi Karimunjawa dengan menggunakan kapal cepat ini, maka kalian harus menuju ke pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Tetapi pada waktu-waktu tertentu, kita juga bisa menggunakan jasa kapal cepat ini melalui pelabuhan Kartini, Jepara.
Perlu diketahui, bahwa kapal cepat Kartini ini tidak berangkat setiap hari. Hanya pada jadwal-jadwal tertentu saja. Berikut jadwal keberangkatannya.

  • Dari Semarang menuju ke Karimunjawa setiap hari Sabtu jam 09.00 wib || Kembali ke semarang pada hari Minggu jam 14.00 wib.
  • Setiap Minggu pertama dan Minggu ketiga tiap bulannya, ada jadwal keberangkatan pada hari Senin, Pukul 07.00 WIB dengan Rute Semarang–Jepara–Karimunjawa, dan kembali dengan rute Karimunjawa–Jepara–Semarang pada hari Selasa, Pukul 11.00 WIB.

Berikut Daftar Harga Tiket Kapal Cepat Kartini
Harga Tiket Eksekutif:
Semarang-Karimunjawa : Rp. 152.000,-
Karimunjawa-Semarang : Rp. 152.000,-
Jepara-Karimunjawa        : Rp.   90.000,-

Harga Tiket Bisnis:
Semarang-Karimunjawa : Rp. 132.000,-
Karimunjawa-Semarang : Rp. 132.000,-
Karimunjawa-Jepara        : Rp.   70.000,-

Notes:
–> Perjalanan dari Semarang menuju Karimunjawa membutuhkan waktu selama 3,5 jam.
–> Jadwal dan harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah.
–> Untuk tujuan Jepara menuju Karimunjawa, ataupun sebaliknya, hanya tersedia pada minggu pertama dan minggu ketiga tiap bulannya. Karena KMC Kartini dari Semarang tujuan Karimunjawa akan transit di pelabuhan Kartini Jepara sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan menuju Karimunjawa.

2. Dengan menggunakan Kapal Ferry
Kapal Motor Penumpang (KMP) Muria namanya. Berkapasitas hingga 300-an penumpang, dengan slogan indah yang terpampang di badan kapal “Bangga Menyatukan Nusantara”. Kapal yang juga sering dipanggil dengan sebutan Kapal Motor Pelan Muria ini bersandar di Pelabuhan  Kartini, Jepara. Oke, saya mengaku! Itu adalah sebutan khusus dari saya.
Sama seperti KMC Kartini, maka KMP Muria ini pun tidak setiap hari melayani penyeberangan dari dan menuju Karimunjawa. Hanya pada hari-hari tertentu saja. Berikut jadwal keberangkatannya.

  • Dari Jepara menuju ke Karimunjawa setiap hari Senin jam 09.00 wib || Kembali ke Jepara pada hari Selasa jam 08.00 wib.
  • Dari Jepara menuju ke Karimunjawa setiap hari Rabu jam 09.00 wib || Kembali ke Jepara pada hari Kamis jam 08.00 wib.
  • Dari Jepara menuju ke Karimunjawa setiap hari Sabtu jam 09.00 wib|| Kembali ke Jepara pada hari Minggu jam 08.00 wib.

Berikut Daftar Harga Tiket Kapal Ferry Muria
Harga Tiket VIP:
Jepara-Karimunjawa : Rp. 79.000,-
Karimunjawa-Jepara : Rp. 79.000,-

Harga Tiket Ekonomi:
Jepara-Karimunjawa : Rp. 31.000,-
Karimunjawa-Jepara : Rp. 31.000,-

Notes:
–> Perjalanan dari Jepara menuju Karimunjawa membutuhkan waktu selama 6 jam.
–> Jadwal dan harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah.
–>
Gelombang laut yang akan kalian rasakan selama dalam perjalanan menuju ke pulau Karimunjawa dapat membuat kalian merasa pusing, pucat, lemas dan kehilangan gairah. Sedia payung sebelum hujan, sediakanlah obat anti mabok sebelum kalian Jackpot!
–>
Berdasarkan jadwal bahwa KMP Muria berangkat dari Jepara menuju Karimunjawa pada pukul 09.00 wib pagi, kenyataan yang sering terjadi adalah kapal berangkat 1 jam lebih awal, yaitu pada pukul 08.00 wib pagi, dengan alasan kapal yang sudah terisi penuh. Ada baiknya kalian semua sudah berada di pelabuhan pada pukul 07.00 wib pagi, atau lebih awal lagi.
–> Khusus untuk pembelian tiket VIP dapat dipesan sebelumnya, tetapi tidak untuk tiket ekonomi, karena harus dibeli pada hari itu juga di loket pelabuhan. Pingback
–> Pada hari-hari libur nasional, hari raya, tahun baru, maka pengunjung yang akan datang mengunjungi Karimunjawa pun akan melonjak drastis. Sehingga mengakibatkan antrian panjang di loket pembelian tiket. Sebagai gambaran, pada saat menjelang tahun baru, untuk jadwal keberangkatan hari Sabtu, maka Biro Tour sudah mengutus beberapa orangnya untuk mengantri tiket pada Jum’at shubuh. Pun sama halnya dengan warga lokal yang hendak pulang ke Karimunjawa, mereka rela bermalam di pelabuhan hanya agar dapat mendapatkan tiket. Dan pada saat hari keberangkatan, KMP Muria yang berkapasitas 325 orang itu pun terpaksa meninggalkan ratusan orang penumpang yang juga hendak mengunjungi Karimunjawa, tetapi tidak berhasil mendapatkan tiket.

Kartini Seaport
Nah, setelah membahas tentang KMP Muria, sekarang saatnya kita membahas tentang pelabuhan yang menjadi tempat berlabuhnya si kapal.
Apakah kawan-kawan sudah mengetahui bagaimana cara untuk menuju ke pelabuhan Kartini? Hmm.. okay, I’ll explain it to you, Buddy : )

Pelabuhan Kartini terletak di Jepara, salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Berjarak sekitar 2 jam jika ditempuh dari terminal Terboyo, Semarang.
Dari terminal Terboyo, kalian bisa menggunakan bis tujuan Jepara yang mulai beroperasi pada pukul 03.00 wib pagi hari sampai pada pukul 15.00 wib sore hari. Ukuran bis tidak terlalu besar, sama seperti bis angkutan umum yang ada di kota-kota lainnya.
Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk bisa sampai di Jepara adalah 2 jam lebih sedikit, dengan harga ongkos sebesar Rp.10.000,-
Bis akan berhenti di Terminal bis Jepara. Yang harus kalian lakukan sekarang adalah melanjutkan perjalanan menuju ke pelabuhan Kartini. Jarak dari terminal bis Jepara menuju ke pelabuhan Kartini tidaklah begitu jauh. Tetapi untuk menghemat waktu, kita dapat menggunakan jasa antar jarak dekat yang tersedia. Becak!!
Tarif  becak dari terminal bis Jepara menuju ke pelabuhan Kartini sebesar Rp. 10.000,-. Dinaiki sendirian maupun berdua, harga tetap Rp. 10.000,- Kalian akan diantarkan sampai kedalam area pelabuhan Kartini. Oh iya, membayar ongkos retribusi di gerbang depan pelabuhan biasanya menjadi tanggung jawab penumpang becak. Seribu rupiah!
Apabila kalian sudah memiliki tiket kapal, karena sudah “nitip” dengan teman, maka kalian akan diantarkan langsung menuju ke dekat pintu masuk kapal oleh bapak ganteng penarik becak. Akan tetapi jika belum memiliki tiket kapal, maka kalian akan diantarkan sampai ke loket pembelian tiket.

TIPS
Ketika dari Terboyo kalian hendak menuju ke Jepara dengan menggunakan bis, maka sebaiknya hindari bertanya tentang harga ongkos kepada sang kondektur/kernet. Bergayalah seperti orang yang sudah terbiasa bolak/balik Semarang-Jepara. Langsung saja berikan uang pas sesuai harga ter-update yang tentunya sudah kalian observasi melalui blog-blog ataupun laporan perjalanan yang begitu banyak tersedia di internet. Karena menurut saya, ketika kita bertanya tentang harga ongkos kepada sang kondektur, itu sudah memberikan peluang bagi kita untuk kena tipu dan membayar lebih mahal. No..No.. Don’t Argue Me, Buddy! Hal ini sudah seringkali terbukti! Jangan paksa saya untuk menceritakan kisahnya satu-persatu kepada kalian. : )
Hal yang sama pun berlaku untuk becak. Hindari melakukan nego harga diawal. Karena dengan begitu akan menjadikan si penarik becak berada pada posisi yang lebih kuat.
Trik: Naiki dulu becaknya. Baru setelah sampai ditempat tujuan, bayarlah dengan memberikan uang pas yang juga tentunya sudah kalian observasi melalui internet. Apabila si bapak penarik becak menolak dan meminta uang lebih dari yang kalian berikan, katakan padanya, “Hey sir.. take it or leave it!!”.
Posisi yang lemah karena sudah lebih dulu mengantarkan kalian ketempat tujuan akan membuat si bapak penarik becak besar kemungkinan akan menerima uang yang kalian berikan. Kemungkinan lainnya, yaitu dia akan menolak uang tersebut, dan memilih untuk mengejar kalian dengan celurit yang melambai-lambai. Nah, selanjutnya terserah anda!! : )

Note:
Penting dan Perlu untuk Diketahui!!

Bahwa ketika bis tujuan ke Jepara dari Semarang akan habis beroperasi pada jam 15.00 wib sore hari, hal yang sama pun berlaku untuk bis tujuan ke Semarang dari Jepara. Mengetahui hal ini sangatlah penting bagi kalian ketika hendak melakukan perjalanan pulang dari Karimunjawa menuju ke Semarang.
Kondisi yang kerap terjadi:
Setelah 6 jam perjalanan dari pelabuhan Karimunjawa, KMP Muria pun akhirnya merapat di dermaga pelabuhan Kartini pada pukul 2 siang. Sera, backpacker yang cantik itu pun berjalan dengan mantap turun dari kapal. Karena perut yang terasa lapar, maka Sera pun lebih memilih untuk mengisi perutnya dulu, ketimbang langsung menyegerakan diri untuk menuju ke terminal bis Jepara. Jam 3 lewat, selesai makan, dengan kondisi perut yang sudah kenyang dan wajah yang segar, barulah Sera bergerak menuju ke terminal bis Jepara, untuk kemudian menuju Semarang. Sesampainya Sera di terminal bis, dia pun sibuk mencari bis tujuan Semarang. Lama mencari, tak juga sosok bis tujuan Semarang dapat dilihatnya. Akhirnya Sera memutuskan untuk bertanya kepada salah seorang bapak yang pada saat itu sedang berada disana.
“Pak, bis tujuan ke Semarang kok gak ada ya?”
“Oh, bis ke Semarang sudah habis mbak. Bis terakhir sudah berangkat satu jam yang lalu”
Sera terkejut, termenung, cemas, wajahnya memucat, bibirnya bergetar kelu, duduk sendirian di sudut terminal, otaknya sibuk memikirkan akan tidur dimana malam nanti.
OKE, JANGAN SAMPAI KEJADIAN ITU TERJADI PADA ANDA!!!

KMP Muria || Pelabuhan Kartini Jepara

Loket Pembelian Tiket || Pelabuhan Kartini Jepara

———————————————————————————–

BEING AN INDEPENDENT BACKPACKER IN KARIMUNJAWA!!

Hapus dan buang jauh-jauh rencana kalian untuk menggunakan jasa Biro Tour apabila ingin mengunjungi pulau ini. Kenapa?!? Why?!?
Let me tell you why!!

  • SAFE..!!
    Pulau ini benar-benar aman untuk dikunjungi. Bahkan walaupun hanya seorang diri, kita tetap akan merasa aman berada disana. Trust Me, Buddy!! Berkali-kali saya melihat kendaraan yang terparkir dengan kondisi kunci yang masih tertinggal di kendaraan, dan itu aman-aman saja kawan.
  • FRIENDLY
    Kalian akan merasakan suasana yang benar-benar berbeda ketika mengunjungi pulau ini. Suasana keakraban. Masyarakat Karimunjawa terkenal akan keramahannya. Tidak pandang usia. Tua, dewasa, muda, bahkan anak sekolah dasar pun bisa berlaku ramah kepada kita. Seringkali saya berinteraksi dengan penduduk lokal, berbincang begitu akrab dengan bapak-bapak paruh baya, bermain sulap hingga balap sepeda dengan bocah-bocah Karimunjawa, bahkan seringkali ketika saya tengah duduk sendirian disana, saya kerap dihampiri oleh orang dewasa warga lokal, yang juga menggeluti bisnis jasa Biro Tour di sana. Bukan!! Mereka tidak mendekati saya karena mencium bau mangsa yang dapat diolah menjadi uang. Kami berbincang layaknya dua orang teman, tertawa, dan saling berbagi cerita. Ragu dengan cerita saya? Temukan sendiri kebenarannya!!
  • CHEAP..!!
    Kalian tidak akan mengeluarkan banyak biaya selama berada di Karimunjawa. Harga makan standar, relatif murah. Biaya penginapan pun tidak terlalu mahal!!
    You will SAVE MONEY if you go backpacking here!
  • Safe + Friendly + Cheap = EASY..!!
    Lingkungan yang aman, masyarakat yang bersahabat, harga penginapan dan makanan yang relatif murah, ditambah dengan luas pulau yang tidak terlalu besar, maka akan sangat mudah bagi kalian untuk berwisata sendiri tanpa perlu menggunakan jasa Biro Tour disini. Oh come on, buddy. Jika di pulau sekecil Karimunjawa ini pun kalian masih membutuhkan jasa Biro Tour untuk berwisata disana, bagaimana kelak jika kalian berencana untuk mengunjungi tempat lain yang lebih luas, lebih rumit, dan berlokasi lebih ke pelosok pedalaman sebuah desa, dimana jangankan untuk mendapatkan jasa Biro Tour, signal ponsel pun mati-matian untuk bisa ditemukan.
    So, Be Strong! Be Confident!

People Said…

Banyak orang yang mengatakan bahwa kalau kita mengunjungi pulau Karimunjawa tanpa menggunakan jasa Biro Tour, maka biaya yang kita keluarkan akan jauh lebih mahal ketimbang apabila kita menggunakan jasa Biro Tour.
Apakah itu benar?!? Is that true?!? Is that true Adittt?!? Hell No.. That’s a BIG NO!!
Yang benar adalah, ketika kalian memutuskan untuk bepergian sendiri ke pulau itu tanpa menggunakan jasa Biro Tour, maka semua hal, baik itu rencana kegiatan, tempat menginap, bahkan biaya yang akan dikeluarkan, semua tergantung dengan bagaimana cara kalian melakukan perjalanan itu sendiri. Benar, biaya yang akan kalian keluarkan bisa jadi jauh lebih mahal ketimbang mereka yang menggunakan jasa Biro Tour, tetapi besar juga kemungkinan untuk bisa menjadi lebih murah. Persoalannya terletak pada kepandaian kita dalam mengatur perjalanan itu sendiri.
Tapi tenang saja kawan, disini saya akan membagi beberapa tips yang mungkin bisa kalian gunakan agar dapat memperkecil biaya selama mengunjungi Karimunjawa!! *Hugs : )

Akan tetapi, jangan pula terlalu takut untuk membayar lebih mahal. Karena berbicara tentang menjadi seorang backpacker tidak melulu bicara tentang biaya yang murah, bukan? Kita juga berbicara tentang pengalaman yang akan kita dapatkan selama melakukan perjalanan tersebut. Ketika mereka yang menggunakan jasa Biro Tour tidak perlu berpusing-pusing memikirkan tempat untuk mereka tidur, maka kalian yang datang tanpa menggunakan jasa Biro Tour harus dipaksa berfikir tentang tempat yang akan kalian inapi. Pun sama halnya ketika mereka yang menggunakan jasa Biro Tour tidak perlu lagi pusing memikirkan akan makan apa, makan dimana, menu apa, bersama siapa, karena sudah disediakan dan diatur oleh Biro Tour, maka kalian yang datang sendiri harus meluangkan waktu lebih untuk memikirkan hal-hal tersebut.
But Trust me, Buddy
. Tempat wisata boleh saja sama, akan tetapi sensasi perjalanan dan pengalaman yang didapatkan akan terasa berbeda!

———————————————————————————–

WHERE TO STAY..?!?

Banyak homestay yang terdapat di Karimunjawa yang bisa kita jadikan sebagai tempat untuk melepas lelah, ataupun sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang bawa’an kita. Dengan harga dan fasilitas yang bermacam-macam, tentu membuat para pengunjung bisa mendapatkan beragam pilihan. Untuk masalah harga, biaya menginap selama semalam di homestay yang banyak terdapat disana berkisar antara Rp.60.000,-/Rp.70.000,- sampai dengan ratusan ribu rupiah.
Pertanyaan yang kerap muncul dari mereka yang belum pernah mengunjungi Karimunjawa, tetapi berniat untuk datang tanpa menggunakan jasa Biro Tour adalah,

Question: Susah gak sih nemuin penginapan disana?
Answer:
Gampang!! Untuk menemukan homestay dipulau ini sangatlah mudah. Cukup dengan berjalan kaki melalui jalan utama dari pelabuhan Karimunjawa menuju ke pusat kota, maka jauh sebelum kalian sampai di pusat kota, kalian akan melintasi beberapa homestay disana, homestay dengan fasilitas yang cukup memuaskan, dan view yang indah. Tetapi saya kurang merekomendasikan homestay di sepanjang jalan itu. Karena selain terletak jauh dari pusat kota, yang berarti jauh dari alun-alun, dan jauh dari kehidupan masyarakat lokal, harga menginap di homestay tersebut pun sedikit lebih mahal.Saran saya, apabila kalian datang dengan tanpa menggunakan jasa Biro Tour, dan belum tau akan menginap dimana, maka ketika kalian sampai di Karimunjawa, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menuju ke warung Bu Ester. Makan siang disana. Bukankah dengan kondisi perut yang kenyang kita akan merasa lebih santai dan mudah untuk berfikir? Kemudian setelah selesai makan, saatnya kalian untuk mencari dan memilih homestay yang akan kalian tempati, yang banyak bertaburan disana.

Question: Kira-kira penduduk disana seneng gak sih kalo diinepin gitu?
Answer: Nah. Jangan kalian pikir bahwa semua rumah disana bisa diinapi. Jangan pula membayangkan bahwa untuk menginap di homestay yang ada disana, kita harus mengetuk pintu salah satu rumah penduduk, kemudian bertanya apakah sang pemilik mau menampung kita, kemudian bernegosiasi masalah harga, dan lain semacamnya. Karena untuk kalian ketahui, bahwa rumah penduduk yang bisa dijadikan sebagai tempat menginap, adalah rumah-rumah yang terdapat Plang nama di depan rumahnya, yang bertuliskan “HOMESTAY”.
Apakah mereka senang apabila diinapi? Ya. Tentu saja mereka senang. Karena mereka memang mencari dan mendapatkan uang dengan cara menyediakan kamar bagi pengunjung yang membutuhkan tempat tinggal sementara selama berada di Karimunjawa.

TIPS
–> Carilah homestay yang murah, dengan pemiliknya yang ramah, berlokasi dekat dengan pusat kota (alun-alun, warung makan, dll), nyaman, mempunyai tempat untuk menjemur pakaian, air di kamar mandi yang selalu terisi penuh. (Saya tau tempatnya : D )
–> Kegiatan yang tidak kalah mengasikkan untuk dilakukan di pulau ini adalah bersepeda. Ya, bersepeda di malam hari mengitari kota untuk mencari tempat makan, ataupun untuk mengunjungi pusat cinderamata yang ada disana. For your information, harga untuk menyewa sepeda di Karimunjawa adalah Rp. 30.000,- Dimulai dari jam 6 pagi, sampai dengan jam 6 sore. Alangkah baiknya kalau homestay tempat kalian menginap ternyata menyediakan sepeda untuk bisa kalian pakai, dan disediakan dengan GRATIS. (Saya juga tau homestay yang menyediakan sepeda gratis bagi penghuni kamar di homestay tersebut. Berminat? Silahkan tanya saya!)
–> Biasanya kebanyakan kamar homestay dapat digunakan untuk tidur bagi 3 orang. Dengan biaya menginap sebesar Rp. 60.000,- alangkah lebih baik apabila kalian datang kesana lebih dari satu orang, atau mungkin bahkan tiga orang. Dengan begitu kalian bisa berbagi biaya homestay bersama. 60/3=20ribu/orang. Murah bukan? Bahkan penginapan kelas “melati layu” pun tidak akan menawarkan harga 20ribu untuk kalian dapat menginap satu malam disana. Akan tetapi apabila kalian datang seorang diri, maka kalian terpaksa harus menyewa kamar tersebut sendirian. Jangan murung kawan, teruslah berusaha. Karena sesungguhnya akan selalu ada jalan bagi mereka yang tidak berputus asa.
Sekedar informasi, kemarin saya mengunjungi Karimunjawa sendirian, dan tanpa menggunakan jasa Biro Tour, tetapi tetap bisa menginap disalah satu homestay yang ada disana dengan biaya Rp.20.000,-/malam. Lucky me! : )

Ps: Boleh mencari dan berusaha untuk mendapatkan yang paling murah, tetapi tetap jangan sampai jadi murahan ya! : )

Pohon besar yang berada tepat di depan Alun-alun || Sangat dekat dari pohon tersebut, terdapat sebuah wisma dan juga homestay yang bisa kita gunakan sebagai tempat untuk menginap.

———————————————————————————–

HOPPING ISLAND…

Yep, tidak dapat dipungkiri bahwa hopping island atau wisata laut adalah kegiatan yang paling disukai oleh para pengunjung yang datang ke Karimunjawa. Bahkan bisa dikatakan, untuk alasan itulah (hopping island) mereka datang kesana. Bisa mengunjungi pulau-pulau indah yang ada di Taman Nasional Karimunjawa, melihat keindahan lautnya, merasakan nikmatnya ber-snorkeling di sekitar pulau-pulau tersebut, berfoto, dan lain sebagainya.
Bagi mereka yang datang dengan menggunakan jasa Biro Tour, maka semua hal yang berkaitan dengan kegiatan hopping island ini tentulah sudah diatur oleh Biro Tour tersebut. Nah, lantas bagaimana bagi mereka yang datang tanpa menggunakan jasa Biro Tour, tetapi ingin merasakan nikmatnya melakukan hopping island? Any tips Adittt? || Sure Buddy!! : )
Question: Gimana kalo kita datang cuma seorang diri, berdua, ataupun hanya bertiga. Pasti mahal bgt untuk hopping islandnya ya?
Answer:
Memang benar, biaya paling mahal yang dikeluarkan selama mengunjungi Karimunjawa adalah biaya untuk melakukan wisata laut. Karena untuk melakukan wisata laut/hopping island, kita harus menyewa perahu nelayan, membayar guide, menyewa jaket pelampung, peralatan snorkling, dan lain sebagainya. Tentu tidak akan menjadi masalah apabila kalian datang beramai-ramai, 10 orang, atau bahkan lebih. Karena harga sewa perahu yang berkisar antara Rp.350.000,-/Rp.450.000,- (tergantung ukuran perahu), dengan daya tampung mencapai 10-15 orang, tentu akan terasa ringan apabila dibayar secara patungan. Tetapi lain halnya apabila kalian datang seorang diri, berdua, ataupun hanya bertiga. Membayar perahu untuk hopping island seorang diri, dan dinikmati sendiri pula? Nah, hal itu sangat kecil kemungkinannya. Banyak orang baik disana, tenang saja kawan. Yang harus kalian lakukan adalah bergabung dengan rombongan lain disana, yang juga akan melakukan wisata laut. Dengan begitu, maka kalian dapat berbagi biaya untuk berwisata laut. Gampang bukan? : )

Question: Gimana ya cara agar bisa bergabung dengan rombongan lain?
Answer:
Cara pertama: Apabila di homestay tempat kalian menginap terdapat rombongan lain yang juga menginap disana, dan sudah terikat dengan Biro Tour, maka cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah mencoba untuk mengakrabkan diri dengan mereka. Kemudian ketika waktunya mereka akan berangkat untuk pergi berwisata laut, maka kalian dapat mencoba untuk bergabung dengan mereka.
Cara kedua: Cobalah untuk meminta bantuan kepada pemilik homestay tempat anda menginap! Selain karena masyarakat di Karimunjawa yang sangat ramah dan suka menolong, kebanyakan pemilik homestay disana adalah pelaku bisnis jasa Biro Tour. Maka apabila kalian meminta  bantuan kepada sang pemilik homestay agar dicarikan rombongan untuk melakukan hopping island, mereka pun akan dengan senang hati membantu kalian. Tidak percaya? Buktikan sendiri!
Cara ketiga: Dari obrolan yang saya lakukan dengan beberapa agen Biro Tour disana, salah satu cara agar kalian dapat melakukan wisata laut walaupun hanya datang seorang diri dan tanpa menggunakan jasa Biro Tour adalah, kalian harus mempunyai kenalan di pulau ini. Akan jauh lebih baik lagi apabila kenalan kalian tersebut adalah seorang agen Biro Tour disana, karena dengan begitu akan lebih mudah bagi mereka untuk mencarikan kalian rombongan untuk pergi berwisata laut. Yang perlu kalian lakukan hanyalah menghubungi kenalan yang juga agen dari sebuah Biro Tour tersebut, dan katakan bahwa kalian ingin melakukan wisata laut tetapi tidak mempunyai rombongan. Dan yang akan terjadi kemudian adalah, apabila si kenalan yang juga agen dari sebuah Biro Tour tersebut sedang membawa/mengurus beberapa rombongan, maka kalian akan digabungkan dengan rombongan tersebut
. Tetapi apabila si kenalan sedang tidak membawa/mengurus rombongan, maka dia pun akan senang hati tetap membantu kalian.
Cara ke-empat: Tidak punya kenalan, tidak punya teman di homestay, tetapi tetap ingin mendapatkan rombongan untuk pergi berwisata laut? Bisa!! Jangan malu, carilah kenalan!!
Cobalah untuk bermain ke alun-alun, ataupun warung makan Bu Ester yang lokasinya berdekatan, dan apabila disana kalian menemukan ada orang dewasa warga lokal, maka dekatilah, dan tanya apakah mereka adalah agen dari sebuah Biro Tour. Kalau iya, maka utarakanlah maksud kalian tersebut kepadanya.
Cara kelima: Sudah mencari-cari tetapi tetap tidak ketemu?!? Masih bisa!! Tenang saja kawan!! Dekatilah dan sapa beberapa pengunjung yang ada disana, tanyakanlah apakah mereka terikat dengan paket tour atau tidak. Bila tidak, maka kalian dapat membentuk sebuah rombongan yang mandiri, tetapi bila mereka sudah terikat dengan paket Tour, maka mintalah untuk dikenalkan dengan sang pemilik Biro Tour yang mereka gunakan.
Cara ke-enam: Gunakan cara kalian sendiri!!

TIPS
–> Search dan kumpulkan sebanyak-banyaknya nomor telepon dari agen Biro Tour Karimunjawa yang banyak terdapat di internet, karena dapat dijadikan kenalan seperti yang sudah saya jelaskan pada poin no 3 dan 4. Dan juga besar kemungkinan akan berguna bagi kalian ketika membutuhkan rombongan untuk melakukan hopping island disana. (Kebetulan saya juga menyimpan beberapa no telp agen Biro Tour di karimunjawa yang bersedia dan siap mencarikan kalian rombongan untuk berwisata laut. Berminat? Silahkan tanya saya!)
–>
Alangkah baiknya apabila rombongan yang kalian ikuti berjumlah lebih dari 7 orang, atau bahkan mencapai 10-15 orang. Karena dengan begitu, maka semakin murahlah biaya yang akan kalian bayar. Nah, untuk bisa mendapatkan rombongan seperti itu, maka sebaiknya kalian berkunjung ke Karimunjawa pada akhir pekan, dimana akan selalu diramaikan oleh pengunjung, yaitu berangkat hari Sabtu dan pulang hari Selasa.
–> Jangan ragu dan takut untuk bertanya apakah si agen Biro Tour tersebut dapat mencarikan kalian rombongan untuk pergi berwisata laut, karena percayalah, mereka pun akan merasa senang apabila mendapatkan tambahan orang di dalam rombongannya. Karena itu berarti semakin ringan lah biaya yang harus agen Biro Tour tersebut bayarkan kepada pemilik kapal, karena mendapat sokongan pembayaran dari kalian. Saya bahkan sempat bertemu dengan seorang agen Biro Tour yang berjelajah di dalam kapal sepanjang perjalanan dari Jepara menuju Karimunjawa, mencari backpacker lain yang tidak terikat dengan Biro Tour, untuk dapat diajak bergabung dan berbagi biaya menyewa kapal ketika melakukan wisata laut..

Hopping Island || Snorkeling di sekitar pulau menjangan kecil

———————————————————————————–

FUN THINGS MUST DO IN KARIMUNJAWA

  • Hopping Island
    Mengunjungi pulau-pulau yang terdapat di Karimunjawa. Pulau Menjangan Besar, Cemara Kecil, dan lain sebagainya. Bersnorkling, diving, sunbathing, berfoto, tertawa, melompat, merasakan adrenalin yang terpacu ketika untuk pertama kalinya kalian dapat berenang bersama Hiu, ataupun terpukau ketika melihat wajah lucu dari Clown Fish, sang Nemo jelita.
  • Berinteraksi dengan warga lokal!
    Cobalah datang ke Alun-alun pada sore hari. Karena disana akan ramai oleh bocah-bocah yang bermain sepak bola. Banyak pengunjung yang ikut bermain disana, membaur dengan masyarakat lokal yang terkenal akan keramahannya. Atau datanglah ke dermaga kecil di belakang warung Bu Ester pada malam minggu, menikmati suasana dermaga di malam hari bersama penduduk lokal. Oh iya, kalian juga bisa ikut para nelayan Karimunjawa pergi memancing loh. : )
  • Menikmati langit malam Karimunjawa
    Cobalah untuk merebahkan tubuh kalian di atas tanah alun-alun Karimunjawa. Rasakan empuknya rumput alun-alun, dan nikmati semilirnya angin yang menerpa tubuh kalian. Lihatlah ribuan bintang di langit malam Karimunjawa, dan cobalah untuk membaca rasi bintang yang berpencar ramai diatas sana. Maka ketika kalian sudah kembali kerumah, saya yakin bahwa salah satu hal yang akan sangat kalian rindukan adalah melihat langit ini, langit malam Karimunjawa.
  • Wisata darat Karimunjawa
    Terdapat berbagai macam tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi di pulau utama Karimunjawa. Seperti Kampung Bugis, Trekking Mangrove, dan pantai Tanjung Gelam melalui jalur darat. Bahkan kabarnya, di ujung pulau utama Karimunjawa tersebut terdapat sebuah Air Terjun, yang konon katanya sungguh indah untuk dilihat. Masalahnya adalah lokasi Air Terjun yang tersembunyi. Bahkan pernah ada seorang backpacker yang mengunjungi Karimunjawa yang bahkan sampai 3 kali hanya untuk melihat rupa Air Terjun tersebut, tetapi tetap tidak dapat menemukannya. Nah, apakah kalian merasa tertantang untuk menjadi satu dari sedikit orang yang pernah melihat Air Terjun itu?

Bermain bola di Alun-alun || Setelah sempat ikut bermain dan menjadi Kiper, posisi saya pun digantikan oleh pengunjung asal Jakarta.

———————————————————————————–

ANOTHER FACTS ABOUT KARIMUNJAWA

  • Automatic Teller Machine (ATM)
    Tidak seperti dulu, dimana orang  yang hendak mengunjungi Karimunjawa diwajibkan untuk membawa uang cash, karena tidak tersedianya ATM disana. Tetapi jaman sudah berkembang kawan, sudah tersedia sebuah ATM di Karimunjawa. ATM BRI, pertama dan satu-satunya yang ada di Karimunjawa!! #Horray
  • Signal dan koneksi Internet
    Apapun kartu ponsel yang kalian gunakan, tidak perlu khawatir, karena signal ponsel di pulau ini lancar dan tidak mempunyai kendala. Bagi kalian yang ingin tetap berhubungan dengan dunia luar menggunakan internet, ada baiknya apabila kalian melakukan mobile internet menggunakan ponsel kalian, ataupun dengan membawa modem sendiri, karena selain warnet sangat sulit ditemui disini, tarif nya pun lumayan mahal, Rp.10.000,-/jam.
  • Postcard
    Woohhooo.. inilah bagian yang paling saya sukai. Apalah artinya sebuah tempat wisata tanpa adanya Kartu Pos disana. Bagaikan sayur tanpa garam, HAMBAR!
    Nah, bagi kalian penggemar Kartu Pos, tidak perlu khawatir, di Karimunjawa tersedia Kartu Pos yang bisa kalian beli di Kantor Pos setempat. Yah, walaupun tampilannya yang kurang memuaskan, karena foto yang tampak di Kartu Pos tersebut sangatlah monoton dan tidak menggambarkan pesona dan keindahan pulau Karimunjawa.
    Tapi tak mengapa, jauh lebih baik daripada tidak ada Kartu Pos sama sekali, bukan. : )
  • Listrik
    Nah, selain masalah keterbatasan transportasi, maka kendala lainnya yang ada di Karimunjawa adalah keterbatasan pasokan listrik. Sebab pasokan listrik untuk Kepulauan Karimunjawa hanya mengandalkan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan kemampuan yang terbatas. Maka ketika ada mesin PLTD yang terganggu atau rusak, itu dapat menyebabkan terhambatnya pasokan listrik di Karimunjawa.
    Sebuah pengalaman pribadi, dimana ketika disuatu siang saya sedang asik bersantai di dalam kamar homestay di Karimunjawa. Sambil menikmati alunan musik, dan sejuknya terpaan angin dari sebuah kipas angin duduk yang terdapat di kamar homestay. Tetapi kemudian, Jlebbb… Listrik di homestay pun tiba-tiba padam. 10 menit berselang listrik kembali menyala. 5 menit kemudian kembali padam. 20 menit kemudian kembali menyala. Begitu seterusnya, bahkan sampai lebih dari 10 kali pada siang hari itu, listrik sudah berkali-kali menyala dan padam.
    Atau pernah juga disuatu malam, sehabis menikmati makan malam di warung makan Bu Ester. Ketika sedang asik duduk menikmati suasana alun-alun pada malam hari, tiba-tiba listrik di Karimunjawa pun padam. Gelap gulita, listrik satu pulau padam! Bahkan tubuh sendiri pun tak terlihat. hahaha…  Tapi entahlah, suatu kekurangan yang apabila terjadi di tempat lain akan terasa sangat menjengkelkan, tetapi apabila itu terjadi di Karimunjawa, semua itu pun bisa terasa begitu menyenangkan..

PLTD unit Karimunjawa

———————————————————————————–

LAST BUT NOT LEAST

Selamat menikmati pesona dan keindahan alam Karimunjawa, kawan : )
Nikmatilah dengan Bertanggung Jawab!

Dukung Karimunjawa mendapatkan Sarana Transportasi yang layak, Klik disini
Ayo ikut menyumbang buku bagi anak-anak di Karimunjawa, Klik disini

Apabila ada pertanyaan yang berkaitan dengan artikel ini, bisa melalui Email saya di Aditya.permana@hotmail.com, atau bisa juga melalui Comment Box dibawah : )

Biaya yang saya keluarkan selama mengunjungi Karimunjawa:
Tiket KMP Muria     : Rp. 62.000,-  (Rp.31.000,- || x2 PP)
Biaya homestay     : Rp. 60.000,-  (Rp.20.000,-/malam ||  x3 malam)
Wisata laut             : Rp. 160.000,- (All include)
Makan,dll                : Rp. 100.000,-
Total Biaya             : Rp. 382.000,-

———————————————————————————–

Google
Google Maps
WikipediA
Twitter
  1. wooooowww thats cool dude!!
    very nice information!!
    thumbs up buat tulisannya!!
    kak adiiit kereeeen!!

  2. Nice post! Selain karena covernya salah satu foto favorit aku, tapi juga karena isi informasi di dlmnya udh lengkap banget. Harusnya sih kalo yg mau backpacker ke karjaw sempat baca posting ini, gak ada alesan ketinggalan bis atau nyasar ya :p

  3. woaaa, informasinya jelas banget mas! hehe aku malah belum pernah ke karimun jawa sedih yaa T.T

    • Rinda
    • December 30th, 2011

    thx infonya… :)

    • AL
    • December 31st, 2011

    Mas, Matur nuwun informasinya. lengkap banget. bahkan, lebih lengkap dari banyak buku yang sudah kubaca di Gramedia yang pada akhiirnya tidak jadi saya beli karena tidak puas dengan bobot informasinya. Semua petualanganmu, kisah perjalanmu dijadikan buku aja mas, insya Allah akan bisa jadi panduan bagi banyak traveler, pecinta backpacker.

    • Terima kasih AL..
      Haha.. waduh buku ya? hahaha… belum kepikiran kesana nah.
      Ini sebenarnya gara-gara kemaren saya niat solo backpacker ke Karimun. Dan dimasa observasi mengenai Karjaw, saya merasa kurang puas dengan info2 yang saya dapatkan dari artikel2 yang ada di internet. Benar-benar kurang informasi, tetapi saya tetap nekat kesana sendirian tanpa bantuan travel agent.
      “If there’s a book you really want to read but it hasn’t been written yet, then you must write it” ~Toni Morrison
      Sepulangnya dari sana, maka saya merasa harus menulis artikel yang berisi tentang info-info yang kemarin tidak saya dapatkan ketika saya melakukan observasi tentang Karimun. Hanya bermaksud ingin melengkapi apa yang dirasa kurang lengkap.
      maka Quotenya kemudian menjadi seperti ini,
      “If there’s an articles/informations you really want to know but it hasn’t been written yet, then you must write it” :D

      Salam kenal AL..

    • mimighita
    • January 2nd, 2012

    wah, bagus bgt tipsnya.. minta contact person biro tour sm homestay yg murah itu dnk!!! :)
    kirim za ke mimipipi_ghita@ymail.com

  4. wah aku pengenx berangkat kamis/jum’at trz pulang minggu dari semarang ato jepara .. ngga bisa yah?

    • Kalo sesuai jadwal keberangkatan kapal, maka saya rasa nggak bisa mas. Yang ada itu adalah berangkat hari rabu, pulangnya hari minggu. Jadi total 5 hari. Setiap hari jumat kapalnya libur nyebrang mas, rehat kapalnya.

  5. Untuk Al dan beberapa orang lainnya yang berniat ingin mengunjungi Karimunjawa dalam waktu dekat ini.. Just check it first, Buddy! Click here
    Damn that’s so cool! Can u imagine the Experiences, guys? Whadda.. Such an Adrenaline Pumping. Hahaha…

    • anjr*t baru liat neh beritanya, kalo gitu bulan maret aja deh maennya…. tu kapal syukur bgt bisa balik lagi ke pelabuhan, klo nggaa….? ga bisa ngebayangin

  6. Waaaahhhh tengkyu berat neh bro bwt sharing-nya sangat bermanfaat neh. Bulan depan siap jajalin kesana, berbekal referensi lu ini. Thx ya

  7. Hey :’) nice post
    Bisa minta lokasi dan nomor wisma yang ada di tengah kota plus yang murah itu gak? hehe
    sekalian ada nomor agen biro tour yang bisa ditumpangin buat wisata laut :’)

    ra.rachma@gmail.com

    BIG Thanks dude :’)

  8. wah cocok banget nih, lagi googling2 soal karimun jawa sampe ke blog ini. Mantep blognya sama infonya mas, kayaknya bakal sering2 mampir sini nih.
    Nah saya sama beberapa temen baru mau nyoba kesana. kalo boleh minta info soal biro tour sama homestaynya itu ya mas :D

    makasih banyak lho mas sebelumnya :)

    irman.gustaman@gmail.com

    • shejack
    • February 15th, 2012

    mantabs nih infonya…mau plan holiday sama istri, cari2 info googling ketemu link ini..pokoknya ajib !!! …bisa minta info beberapa biro lokal and homestaynya bang..

    sincerely..

    jyestawasthu@gmail.com

    • mala
    • March 26th, 2012

    wahhh suer keren!
    apa lagi murah gitu.. :D

    boleh minta info2nya yg lengkap g mas..? :)

    thx before :)

    katoer_m4l4@rocketmai;.com

    • chietra
    • March 27th, 2012

    Nice Info brader ^_^ tgl 17-18 April berangkat dr SBY.. ada yang gabung?? :)
    Minta lokasi homestay and biro tour utk wisata airnya ya bro..
    ke :
    citraayukumalasari@gmail.com

    xie xie

    • rahmat hdyat
    • March 28th, 2012

    Kasih tau dong nama homestaynya, dan nama agen tournya. Mas saya rencananya tanggal 7-10 mau kesana sama istri berdua. Please, help me biar ngga tertipu.

    • keket
    • April 2nd, 2012

    Hiiiii :) boleh tau gak naek bis apa ya Jakarta – Semarang?

    • Halo mbak Keket… Mau ke Karimunjawa ya.
      Banyak sekali bis yang melayani rute Jakarta – Semarang. Tinggal mbak Keket maunya milih yang seperti apa.
      Contohnya ada bis Shantika. Oh iya, bis ini juga melayani rute Jakarta – Jepara loh. Bisa di cek disini untuk no telpnya Klik ini

      Salam ;)

    • Debora
    • April 2nd, 2012

    Thank you info2nya yg super lengkap, semoga anda panjang umur, enteng jodoh dan murah rezeki selalu! Hahahaha…

    • fahmi
    • April 4th, 2012

    wah keren mas pengalamannya..
    saya minta no telp homestay dan biro yang bisa ikut wisata air dong mas..
    mau buat rencana ksana nie bulan ini..
    minta yang lengkap yh mas..
    makasih lho sebelumnya..
    ke am.fahmi17@gmail.com

    • yulia
    • May 10th, 2012

    hi mas salam kenal..
    wowowowoooowww awesome post.. :)
    saya rencana backpacking ke Karimun akhir May nih,, jadi tertarik utk ga ikut tour alias sendiri aja.. hehe
    please send me further information dong mas.. tentang wisma yg bagus tp murah,, contact personnya,, dan biro tour yg bisa dimintai tolong nanti kalo ada apa2.. hehe..
    please please.. thanks :)

    • Sure Yulia…
      Tapi tentu saja saya butuh alamat email kamu.. hehe..
      nanti saya kirimin semua cp yang bisa membantu disana.

        • yulia
        • June 4th, 2012

        wuadoohh,, baru baca ini sekarang.. telat,, sayanya barusan kesana hehe..
        tp bolehloh dikirim aja cp nya ke yuliaayusrikanthi@gmail.com
        siapa tau nanti kesana lagi,, keren bangeett spotnya,, tp masih belum eksplor semuanya kayaknya alias kurang lama.. hehe..
        big thanks mas :D

    • RI
    • May 20th, 2012

    Ah,aman di situ tidak bisa digeneralisasi. buktinya saya pernah kehilangan hp di homestay pas saya tinggal muter2 pulau, mei 2011 yang lalu

    • Wah, turut menyesal mendengarnya mbak.
      Mungkin memang benar, bahwa tidak ada sebuah tempat yang 100% aman.
      Semoga tidak kejadian lagi ya mbak besok2.. ;’)

    • lala
    • June 4th, 2012

    Wahhh suer keren!
    apa lagi murah gitu..

    Boleh minta info2nya yg lengkap g mas..?

    thx before

    • lalacintya
    • June 5th, 2012

    Bisa minta lokasi dan nomor wisma yang ada di tengah kota plus yang murah itu gak? hehe.. Sekalian ada nomor agen biro tour yang bisa ditumpangin buat wisata laut :’)

    • cathy
    • June 13th, 2012

    Wahh…salut..salut…aku bacanya ( lost in karimunjawa) sampe merinding lohh…bukan karena takut ada setan hehe…tapi merinding karena seperti ikut dalam perjalanan dan keberaniannya itu waktu nguber sunset ke tanjung gelam….kerennnnnn mas bro….
    Aku rencana mau kesana masih lama sih bulan okt, tapi bisa minta saran2nya yah dari sekarang, khususnya info lengkap contact person buat akomodasi sama biro tour yang bisa ditumpangin..coz aku pergi sendiri…thanks banget yah bro atas sharingnya….
    Email aku di cathe_faithnet@yahoo.co.id

  9. kakak blh juga dung saya minta info tentang homestay dan
    no tlp agen biro tour nya.
    Rencana sebelum puasaaany saya mau kesana.
    ini email saya kakak : justardyan14@yahoo.co.id

  10. -bro boleh tolong dikirimkan , info home stay n no tlp agen biro tour yang mau nyariin rombongan wisata laut
    -gara2 baca blognya yg keren , rencana mau liburan dengan biro wisata berubah jadi backpacker heheheeee
    pith.loucifer@gmail.com

  11. rencana mau sepedaan sampe karimun jawa… mohon bimbingan dan doa restu bang…

    • This..!!! Super Awesome!!
      Saya doakan mas Andy selamat sampai tujuan, tidak mendapatkan halangan yang berat selama dalam perjalanan.
      Amiinnn…

    • Ria
    • July 12th, 2012

    gilaa, nyari yang backpacker ke karjaw detail begini susah banget. googling dan next ke page 2, nemu ini. super ngebantu :D ijin bookmarks ya mas. boleh minta ga Mas biro tour dan info homestay-nya? oh iya, itu KM muria yg dari karimunjawa, kalo kita berangkat senin, dan gamau balik hari selasa brarti baru bisa balik ke jepara lagi hari kamis ya? masih ga ngerti :3 infonya kirim ke mariajansen@windowslive.com aja. makasi banyak Mas :))

    • Hi Ria..

      Iya, kalo nggak mau pulang hari selasa, kita baru bisa pulang pada hari kamis, sesuai jadwal KMP Muria. Dengan catatan jadwal keberangkatan kapal tidak berubah ya.
      Email sent btw..

      Salam kenal..

    • adis
    • July 25th, 2012

    Mas Adit boleh minta homestay yang mas rekomendasiin itu? tolong kirim ke andarisa.adis@gmail.com yaa

  12. Ini baru informatif! terima kasih ya kak atas informasinya, saya terpukau! jadi gak sabar ke karimun jawa! :D boleh dong kak informasi yang bisa saya manfaatkan kelak disana! trimakasih!

    • Ah Greace.. kamu mau ke Karimunjawa? Saya temenin ya. Hahaha…

      • Kak.. saya jadi malu!
        Tapi bener boleh loh kak ditemenin, saya gak nolak. Hahaha

    • Muda
    • August 1st, 2012

    very nice story .. worth it baca ampe selesai.
    saya minta contactnya biro tur disana donk.
    tolong kirim ke desperado.bakorpakem@gmail.com

    Thanks

  13. Halo mas Adit salam kenal :)

    Beneran blog mas informatif & inspiratif banget buat saya yang baru mulai dengan istilah backpacker hehehe. Rencana ke Belitung juga terinspirasi dari perjalanannya mas walaupun akhirnya cancel, tapi rencana saya sendirian ke Karjaw Oktober ini start dari Palembang semoga bisa terlaksana dengan baik. Mohon infonya yah mas CP pemilik homestay, biro tour dll yg kiranya saya butuhin buat persiapan kesana.
    Email: cekbung@yahoo.co.id

    Thx in advance :D

    • dyas
    • August 26th, 2012

    minta cp penginapan sama biro yang disana dong.
    makasih
    pudyaz@gmail.com

    • galuh
    • August 30th, 2012

    ka adit ..
    tulisannya berbobot banget.
    minta cp penginapan n tour harian hoping island dong ka. soalnya mau berangkat cuma berdua..
    kirim ke galuhwahyuwohingati@gmail.com
    ditunggu ya ka.. mau berangkat minggu depan ni..:(

    • Untuk Dyas dan Galuh, Email sudah dikirim. Mohon maaf atas keterlambatannya yah. ;)

    • inahilez
    • September 9th, 2012

    hai adit…
    sblumnya salam knl yaa..
    berawal dari keinginan yg ingin mengunjungi pulau di indonesia.
    setelah berlama ria mencari info tempat yg ingin di kunjungi. ktemulah blog mas adit ini.
    pertama x sya baca. sungguh menarik bgd crita pengalaman mas adit selama di pulau karimun jawa. hingga tak trasa sy bca blog mas adit smpe jam 3 pagi.hhee…
    maka makin tertariklah saya pergi ke karimun jawa.
    rencana sih stlah kumpul uang bru akan pergi. klo blh minta CP org yg bs d hubungi di karimun jawa untuk sewa homestay, perahu n alt snorkling.
    tlg di emailin or ym ya mas adit ke
    *inalestari42@yahoo.com*
    tq sblumnya.
    oy kpn nih ada rencana backpakeran lg? sp tw bs trip brg. :)

    • Hi Inahilez, salam kenal kembal dari saya.

      Email sudah saya kirim, dan kalau ada pertanyaan lainnya, jangan sungkan untuk bertanya lagi. Selama saya tau, pasti akan saya jawab. ;)

  14. keep posting gan..jadikan indnesia tujuan traveller dunia :)
    visit balik blog aku ya thx :)

    • Arini Maclina
    • November 14th, 2012

    Hi mas adit :D

    Lucky me! Akhirnya ketemuuu juga yg bisa kasih tips & bacaan utk nambah pengalaman aku yg mau coba utk backpacker sendiri :p

    Dengan bbrp alasan teman2 yg krg memiliki “interest” yg sm dg saya. Dan banyak ini itu nya yg bikin plan malah gak jadi dan gak jadi terus :p

    So, I decided to travel alone :D xixixi
    Minta contact person biro tour sm homestay yg murah itu donggg :)

    Seneng bgtt kalo bs byk belajar dr mas adit hehe, kirimin ke email ya mas arini1309@yahoo.co.Id :)

  15. bisa minta tolong dikirim info detail & CP yg bisa dihubungi di karja bro ?

    rencana long weekend taun depan mo kesana. tp inget pengalaman biaya backpack ke pangandaran pas long weekend kmaren yg melambung dr perkiraan, kyknya harus bener2 matang ni persiapannya

    thx bro. postingannya bener2 bermanfaat :)

    • ida
    • December 13th, 2012

    Salam kenal dit..
    Wah jd tertarik pengen ke karimun jawa ma adik gw gara2 baca ni blog..
    Boleh dong kirimin cp biro dan homestaynya :) ke
    m_air@ymail.com
    Thanks anyway dit

    • warwer
    • February 11th, 2013

    amazing bos….
    tambah updetannya mas….termasuk recommendasi homestay

    • qonitahaula
    • April 20th, 2013

    salam kenal mas adit.
    wah info dari postingannya oke banget nih. di update terus ya mas..
    boleh tolong kirimin rekomendasi homestay plus CP biro tournya? rencana mau ke karimun jawa bulan depan.. makasih

    • yasmin
    • June 8th, 2013

    mas boleh minta info lengkap soal contact homestay dan wisata laut? (lengkap sama harganya ya.. hehe) makasih sebelumnya
    yasminbafifah@yahoo.com

    • lidhyananta
    • June 12th, 2013

    hellooo
    salam kenal dit
    saya boleh minta no cp homestay dan biro tournya? rencana akhir agustus mau kesana

    taon lalu udah pernah dan pake jasa tour. dan sangat mengecewakan bangeeeettt
    makanya saya berencana kesana lagi tanpa jasa tour

    oiaa..ada tips buat nyari tiket kapal ke karjaw ga? takutnya udah pada diborong ama para biro tour

    please, reply me at lidhya.nanta@gmail.com

    warm regards :)

  16. haiii, jadi pengen nih backpacker-an k karimun jawa abis baca” beberapa tulisan di sini, hhehe
    boleh minta CP wisma tengah kota+murah dan agen biro tour-nya gak mas? ke zin.yang@yahoo.com ya.. makasih banyak :))

    • Ira Poespa
    • November 28th, 2013

    wah, jadi mikir 2 kali nih, bali atau karimunjawa ?
    takut juga denger2 kalo berangkat bulan DESEMBER tuh cuaca lagi ga bersahabat :(
    bisa dibantu kak minta cp homestay sama rsv tiketnya ?

    kirim ke : puspa_ira@yahoo.co.id

    makasiih buanyakk kakk :D

    • aniq alifi
    • April 13th, 2014

    mas minta nomer tlpn sama nama tempat penginapannya donk mas hehe soalnya bulan depan mau kesana please

    • aniq alifi
    • April 13th, 2014

    oh iya mas lupa kirim ke emailq ya ini aniqalifi23@gmail.com terimakasih

  17. minta lokasi dan nomor wisma yang ada di tengah kota plus yang murah itu dong
    sekalian ada nomor agen biro tour yang bisa ditumpangin buat wisata laut thank yaaa
    beti.nlening@gmail.com

    • benniwaluyo
    • September 18th, 2015

    Postingan bang adit mmbuat saya lebih yakin untuk ke karimun jawa tanpa jasa biro tour.. Btw bagi CP home stay boleh ya bang..

    Ini email saya : bentwaluyo@gmail.com

    .

    • Elyaaa
    • November 25th, 2015

    Mas, tulisannya sangat membantu untuk traveller pemula seperti saya. Boleh minta kontak homesytay yg murah dan agen tour travel disana mas? Saya rencananya juga ingin travelling bersama teman tanpa tour agent.
    Info kontak homestaynya bisa dikirim ke elyatanzila@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya mas.

  1. November 30th, 2011

Leave a comment...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: