Indonesia timur, suatu hari nanti!

Foto Indonesian backpackers

Indonesia timur, suatu hari nanti!
Tidak muluk-muluk. Tidak datang untuk mewujudkan semua mimpi-mimpi mereka.
Tidak pula bermaksud untuk membawa dan memberikan mereka sebuah perubahan.
Saya hanya ingin bernyanyi, bermain, dan tertawa bersama anak-anak disana.

Ah, saudara kita di bagian timur ini, kenapa ya hidup kalian selalu saja dalam kesusahan,
selalu serba kesulitan. Untuk mendapatkan ilmu saja susahnya minta ampun.
Saya sedih ketika mengetahui bahwa banyak siswa SD disana yang mengikuti pelajaran sambil duduk di lantai karena ruangan yang tidak memiliki kursi dan meja.
Saya juga sedih ketika mengetahui bahwa kalian butuh berjam-jam untuk bisa sampai di sekolah dengan bersampan dan juga berjalan kaki.
Bahkan ketika anak-anak SD di perumahan tempat saya tinggal sudah sangat terbiasa dengan internet, sudah akrab bersahabat dengan paman google, kalian yang berada disana, bahkan hanya untuk mendapatkan sebuah buku pelajaran saja sepertinya sulit sekali.

Suatu hari nanti, saya akan datang mengunjungi kalian.
Tapi kalau nanti saya kesana, saya tidak bisa menjanjikan pasti akan membawakan kalian koleksi buku-buku. Tidak bisa menjanjikan akan membawakan kalian mainan-mainan baru.
Tapi saya janji, nanti saya dan kalian akan bernyanyi bersama. Nanti kita akan bermain bersama. Kita juga akan tertawa bersama. Bahkan, kalau kalian ingin mengeluh berpuluh jam pun, saya akan dengan senang hati mendengarkannya. Karena kita kan saudara.. : )

Tunggu saya kesana, saya akan memeluk erat kalian satu-persatu, saudaraku!
———-

Aku adalah Papua, aku adalah Maluku,
Akulah Nusa Tenggara, akulah Sulawesi,
Suara dari kemiskinan, yang tak pernah berujung,
Semenjak Republik ini berdiri.

Tanah kami tanah kaya, laut kami laut kaya,
Kami tidur diatas emas, berenang diatas minyak,
Tapi bukan kami punya, semua anugerah itu,
Kami cuma berdagang, buah-buah pinang.

Kami tak mau bersalah, pada anak-anak cucu,
Kami tak mau bersalah, pada anak-anak cucu,
Harus ada perubahan, harus ada perubahan,
Harus ada perubahan, harus ada perubahan.
(Suara Kemiskinan ~Franky Sahilatua)

http://www.4shared.com/embed/1101668091/8d1eeba1

  1. Hitam kulitku, keriting rambutku. Hahaha..
    Aku coklat. Mereka coklat tua. Nasib saja yang masih hitam Dit.
    Tapi mimpi-mimpi mereka pasti warna-warni sama seperti pelangi.

    • Tanah Papua tanah yang kaya.
      Surga kecil jatuh ke bumi.

      Hitam kulit, keriting rambut.. Aku Papua!
      Biar nanti langit terbelah, Aku Papua!

  2. Kita mulai dari Ternate. Setuju?

    • kinkin
    • January 30th, 2012

    naik kapal biar tambah yahud.

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment...

